Book Review "Discrete Mathematics for Computer Science"

07 May 2024 Oleh gilangistriadip Dilihat 78 kali

Open Library Book Review

 

Discrete Mathematics for Computer Science

David Liben-Nowell

Subject: Discrete Mathematics

Publisher: Addison-Wesley Professional, 2018

Discrete Mathematics for Computer Science karya David Liben adalah panduan komprehensif untuk konsep-konsep dasar matematika diskrit yang penting untuk ilmu komputer. Buku ini mencakup beragam topik termasuk logika, teori himpunan, teori graf, dan kombinatorika, yang semuanya krusial untuk memahami landasan teoritis ilmu komputer.

Bagian pertama buku memperkenalkan konsep dasar logika, termasuk logika proposisi dan predikat, serta aplikasinya dalam ilmu komputer. Buku ini juga membahas teknik bukti dan induksi matematika, yang penting untuk penalaran tentang algoritma dan struktur data.

Bagian kedua buku membahas teori himpunan, yang mendasar untuk memahami struktur data dan desain algoritma. Buku ini mencakup topik seperti himpunan, relasi, fungsi, dan kardinalitas, yang semuanya penting untuk memahami dasar matematika dalam ilmu komputer.

Bagian ketiga buku berfokus pada teori graf, yang krusial untuk pemodelan dan analisis jaringan dan struktur data. Buku ini membahas topik seperti graf, pohon, dan aplikasinya dalam ilmu komputer, termasuk algoritma untuk jalur terpendek, pohon rentang, dan aliran jaringan.

Bagian keempat buku mengeksplorasi kombinatorika, yang penting untuk menganalisis kompleksitas algoritma dan struktur data. Buku ini membahas topik seperti prinsip penghitungan, permutasi, kombinasi, dan aplikasinya dalam ilmu komputer, termasuk analisis algoritma dan desain struktur data.

Sepanjang buku, penulis memberikan penjelasan yang jelas tentang konsep-konsep tersebut, disertai dengan banyak contoh dan latihan untuk memperkuat pemahaman materi. Buku ini juga mencakup diskusi tentang aplikasi praktis matematika diskrit dalam ilmu komputer, menjadikannya sumber daya berharga bagi mahasiswa dan profesional di bidang tersebut.

Beberapa hal yang dibahas dalam buku "Discrete Mathematics for Computer Science" karya David Liben antara lain:

  1. Logika: Buku ini membahas dasar-dasar logika termasuk logika proposisional dan predikat, serta aplikasinya dalam ilmu komputer.
  2. Teori Himpunan: Konsep tentang himpunan, relasi, fungsi, dan kardinalitas dijelaskan secara mendalam dalam buku ini, yang penting untuk memahami struktur data dan desain algoritma.
  3. Teori Graf: Buku ini membahas topik-topik seperti graf, pohon, serta aplikasinya dalam ilmu komputer, termasuk algoritma untuk jalur terpendek, pohon rentang, dan aliran jaringan.
  4. Kombinatorik: Buku ini membahas prinsip-prinsip penghitungan, permutasi, kombinasi, dan aplikasinya dalam ilmu komputer, termasuk analisis algoritma dan desain struktur data.
  5. Bukti dan Induksi: Teknik-teknik bukti dan induksi matematika juga diperkenalkan dalam buku ini, yang penting untuk penalaran tentang algoritma dan struktur data.
  6. Penjelasan yang Jelas: Penulis memberikan penjelasan yang jelas tentang konsep-konsep matematika diskrit, disertai dengan berbagai contoh dan latihan untuk memperkuat pemahaman materi.
  7. Aplikasi Praktis: Buku ini juga membahas aplikasi praktis matematika diskrit dalam ilmu komputer, menjadikannya sumber daya berharga bagi mahasiswa dan profesional di bidang tersebut.
  8. Dasar yang Kuat: Buku ini memberikan dasar yang kokoh dalam konsep-konsep matematika diskrit yang penting untuk memahami landasan teoritis ilmu komputer.

Buku ini merupakan sumber daya yang komprehensif dan mudah diakses, cocok untuk mahasiswa dan profesional di bidang ilmu komputer, serta menjadi sumber daya penting bagi siapa pun yang tertarik pada dasar matematika dalam ilmu komputer.

Secara keseluruhan, Discrete Mathematics for Computer Science memberikan dasar yang kokoh dalam konsep-konsep dasar matematika diskrit yang penting untuk memahami landasan teoritis ilmu komputer. Ini adalah panduan komprehensif dan mudah diakses yang cocok untuk mahasiswa dan profesional, serta merupakan sumber daya penting bagi siapa pun yang tertarik pada landasan matematika ilmu komputer.

 

Buku dapat diakses melalui Halaman ini

Peresensi : Obi Zakaria 


Informasi Lainnya