Library Newsletter | Tel-U Open Library, Agustus 2022

30 August 2022 Oleh mzakyrakhmat Dilihat 69 kali

Rekap Berita Open Library Selama Bulan Agustus 2022

Kunjungan Perwakilan ies Research ke Open Library

Telkom University memiliki visi menjadi research and entrepreneurial university yang berperan aktif dalam pengembangan teknologi, sains dan seni berbasis teknologi informasi. Berbagai upaya telah dilakukan oleh Telkom University untuk mencapai visi yang ditargetkan tercapai pada tahun 2023. Salah satu upaya yang dilakukan oleh Telkom University adalah penyediaan sumber-sumber informasi ilmiah bereputasi dan mutakhir melalui Open Library yang dapat mendukung pelaksanaan pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat.

Open Library sebagai salah satu unit pendukung kegiatan akademik di Telkom University, senantiasa terbuka dengan hal-hal baru yang dapat mendukung pencapaian visi Telkom University. Selain penyediaan bahan pustaka dan sumber informasi ilmiah, Open Library melalui berbagai kegiatan literasi berupaya untuk memperkenalkan tools atau platform yang dapat digunakan oleh sivitas akademika untuk mendukung kegiatan penelitian atau riset.

Gambar Kunjungan ies Research di Telkom University Open Library

 

ies Research sebagai penyedia platform yang dapat meningkatkan jangkauan hasil riset, melalui perwakilannya yang berkunjung ke Open Library pada Rabu, 24 Agustus 2022. Hadir untuk memberikan insight baru terkait publikasi hasil riset Mr. Woei Fuh Wong dan Bapak Wandy Purnama dari iGroup Asia Pasific, dan hadir pula sebagai tamu undangan perwakilan dari Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (Dit.PPM) dan Telkom University Research Center.

Mr. Woei Fuh Wong memberikan wawasan baru terkait research outreach dan tools yang dapat digunakan untuk mendukung hasil publikasi riset Telkom University. Hal ini sejalan dengan program utama ies Research yaitu membantu para researcher untuk meluaskan dampak hasil penelitian dengan cara yang baru dan menarik sehinga dapat menjangkau seluruh masyarakat global.

Semoga wawasan baru yang disampaikan oleh Mr. Woei Fuh Wong bisa memotivasi para researcher di Telkom University untuk meningkatkan kualitas hasil riset yang dipublikasikan pada world-class publication dan memberikan dampak positif bagi masyarakat dunia karena sejatinya ‘research is meant to create impact’.

 

 

 

 

 


Highlight Layanan Open Library

Layanan akses Artikel Ilmiah melalui aplikasi “MyLoft”

Aplikasi MyLOFT hadir untuk meningkatkan efektifitas pemanfaatan jurnal ilmiah di Telkom University.

My Library On Fingertips atau disingkat MyLOFT adalah aplikasi berbasis web dan mobile yang dapat digunakan untuk mencari, menemukan dan mengakses koleksi elektronik dari database yang dilanggan. Penggunaan MyLOFT memungkinkan TeluTizen untuk mengakses koleksi elektronik dari luar kampus Tel-U tanpa perlu menggunakan jaringan TUNE ataupun VPN.

Telkom University melalui Open Library telah melanggan 15 database ejournal dan ebook yang dapat diakses langsung melalui MyLOFT, selain memfasilitasi proses temu balik informasi, MyLOFT juga dapat digunakan untuk menyimpan dan mengorganisasikan informasi atau artikel hasil pencarian untuk kemudian diakses kembali pada folder “Collections” tanpa perlu melakukan pencarian pada database ejournal atau ebook.

 

Gambar pada menu database Aplikasi MyLOFT

 

Aplikasi MyLOFT dapat digunakan pada PC dan smartphone, untuk penggunaan pada PC dapat langsung mengunjungi MyLOFT pada tautan  https://app.myloft.xyz/ kemudian login dengan menggunakan email yang terdaftar pada SSO, sementara untuk penggunaan pada smartphone aplikasi dapat diunduh terlebih dahulu melalui Google Play Store.

Semoga dilanggannya MyLOFT dapat mempermudah TeluTizen untuk mencari, menemukan, mengakses dan mengorganisasi informasi yang diperlukan tanpa batasan unduh, dari berbagai devices dan dari berbagai tempat tanpa batasan waktu. Untuk informasi lebih lanjut terkait penggunaan MyLOFT dapat menghubungi layanan Ask Librarian. Happy searching TeluTizen!  

 


Telkatika: Jurnal Telekomunikasi Elektro Komputasi & Informatika

Jurnal Telekomunikasi Elektro Komputasi & Informatika atau disingkat dengan Jurnal TELKATIKA, merupakan jurnal ilmiah online yang menerbitkan artikel jurnal tugas akhir mahasiswa Telkom University yang dikelola oleh Tel-U Open Library dalam bidang keilmuan Telekomunikasi, Elektro, Komputasi, dan Informatika yang diterbitkan sebanyak 2 kali dalam satu tahun pada bulan Juni dan Desember.

Jurnal TELKATIKA telah menerbitkan dua nomor publikasi yaitu pada Desember 2021 dan Juni 2022. Artikel yang diterbitkan pada Jurnal TELKATIKA dapat diakses full article pada tautan https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/telkatika

Sebagai media publikasi ilmiah, Jurnal TELKATIKA sudah memiliki ISSN (International Standard Serial Number) sebagai nomor identitas untuk kemudahan identifikasi terbitan dan sedang disiapkan untuk menjadi Jurnal Terakreditasi yang memiliki skor SINTA.  

Selain menerbitkan artikel tugas akhir karya mahasiswa Telkom University, Jurnal TELKATIKA juga menerima pengajuan publikasi artikel ilmiah dari para peneliti Indonesia, setelah melalui proses review oleh tim reviewer, enam artikel terbaik akan dipublikasikan pada nomor terbitan Jurnal TELKATIKA selanjutnya. Untuk informasi lebih lanjut dapat diakses pada tautan  https://openlibrary.telkomuniversity.ac.id/home/information/id/213.html

 

 

Gambar Jurnal online TELKATIKA

 

Semoga Jurnal TELKATIKA  dapat dimanfaatkan menjadi sarana publikasi ilmiah bagi para peneliti di Indonesia, dan menjadi jurnal dengan reputasi baik yang dapat menjadi rujukan sumber informasi ilmiah yang berkualitas dalam keilmuan Telekomunikasi, Elektro, Komputasi dan Informatika.

 


 

 

Open Library Koleksi Terbaru, Agustus 2022

Judul: Make Time: Cara Fokus pada Hal-Hal Penting Setiap Hari

Pengarang: Jake Knapp, John Zeratsky 

No Katalog:  22.01.583 

Jenis Koleksi: Buku Circulation

Pernahkah kamu merenung dan bertanya-tanya, “Apa sih yang benar-benar telah kulakukan hari ini?” Pernahkah kamu melamunkan proyek-proyek dan aktivitas yang akan kamu kerjakan “suatu hari nanti”—tetapi saat itu tak pernah datang?

 

Kita semua mengalami kesulitan meluangkan waktu untuk hal-hal yang sangat penting. Setiap hari kita memulai dengan niat terbaik—tapi kemudian waktu kita ditelan habis oleh rapat beruntun, rantai pesan dan e-mail yang tak pernah berhenti, dan update yang tak pernah berakhir di media sosial. Terkadang letih dan terdistraksi sudah menjadi “keadaan normal” kita. Tetapi, bagaimana jika kita bisa melangkah keluar dari roda putar hamster itu dan mulai memegang kendali atas waktu dan perhatian kita?

Sebagai pencipta Design Sprint-nya Google Ventures, Jake Knapp dan John Zeratsky telah menolong ratusan tim menyelesaikan masalah-masalah penting dengan mendesain ulang jam kerja mereka. Berdasarkan pelajaran-pelajaran dari Design Sprint ini, mereka menghabiskan bertahun-tahun untuk bereksperimen dengan kebiasaan dan rutinitas mereka sendiri, mencari cara untuk mengoptimalkan energi, fokus, dan waktu. Sekarang, mereka telah berhasil mewujudkan taktik-taktik paling efektif ke dalam kerangka kerja harian yang terdiri dari empat langkah—Sorotan, Laser, Energi, Renungan—yang bisa digunakan oleh setiap orang untuk mendesain jadwal harian secara sistematis.

Make Time bukanlah soal produktivitas atau mencontreng lebih banyak daftar tugas. Buku ini juga tidak mengusulkan solusi yang tak realistis, misalnya membuang smartphone atau menyumpahi media sosial. Make Time menawarkan menu 87 poin taktik yang bisa kamu selaraskan sendiri, antara lain:

• Daftar Hal-Hal yang Mungkin Bisa Dilakukan

• Tidak Memudahkan Diri Sendiri

• Jangan Cek Handphone Sewaktu Bangun Pagi

• Jadikan Piringmu Seperti Alun-alun

• Mengunci Diri di Luar

• ... dan masih banyak lagi

Bacaan wajib bagi setiap orang yang pernah menginginkan lebih dari 24 jam dalam sehari. Buku ini akan membantumu mendesain hidup di seputar hal-hal yang penting bagimu. Kamu bisa “memiliki” hidupmu sendiri, detik demi detik, dari hari ke hari.

 

 

Judul: The Thin Ideal and the Segregation of Plus-Size Bodies

Pengarang: Paolo Volonté 

No Katalog:  22.21.1124

Jenis Koleksi: E-book (Buku Elektronik)

Massa tubuh rata-rata di banyak budaya Barat semakin besar, namun sistem fesyen tampaknya sebagian besar tidak berubah. Rumah mode besar masih membatasi produksi mereka pada ukuran kecil dan ideal dominan tubuh wanita dalam citra mode masih kurus – sangat kurus menurut standar Organisasi Kesehatan Dunia.

Mengapa industri kehilangan sebagian besar pasar dalam bentuk konsumen yang memiliki ukuran tubuh plus, Mengapa pemikiran mengenai bentuk tubuh kurus yang dianggap sebagai bentuk ideal tetap berkuasa meskipun sudah ada bukti mengenai bahayanya hal tersebut bagi wanita? Dan apakah ada jalan keluar dari diskriminasi anatara tubu ideal kurus dengan tubuh gemuk yang terpisah ini?

Dalam studi orisinal ini, Paolo Volonté menjawab pertanyaan-pertanyaan ini dan lebih banyak lagi, berdasarkan literatur yang berpengaruh tentang tubuh, standar kecantikan, dan peran pakaian dalam masyarakat. Dia mengungkapkan beberapa faktor mengejutkan di balik pelestarian ideal kurus seperti preseden model kurus dan pengenalan ukuran standar untuk pakaian yang diproduksi secara massal. Dia juga meninjau kembali faktor-faktor yang tidak terlalu mengejutkan seperti sikap para desainer dan konsumen terhadap tubuh wanita, dan gagasan tentang 'kesempurnaan'. Dengan menganalisis secara kritis faktor-faktor ini, Volonté mengungkapkan mengapa mode ukuran plus sering dicirikan oleh 'komitmen estetika rendah' ??dan pemasaran berkualitas rendah. Dia mengeksplorasi sifat pemisahan tubuh gemuk dalam mode dan mempertimbangkan apa yang akan terjadi di masa depan bagi konsumen, desainer, dan pemasar.

Informasi Lainnya