Industri Game Indonesia: Game Indonesia Siap Mendunia

20 February 2024 Oleh mzakyrakhmat Dilihat 128 kali

Industri Game Indonesia: Game Indonesia Siap Mendunia

Industri permainan video di Indonesia terus mengalami pertumbuhan yang pesat, fenomena ini dibuktikan dengan peningkatan yang signifikan dalam pembelian permainan hingga Maret 2023. Data menunjukkan bahwa mayoritas masyarakat Indonesia aktif melakukan pembelian dalam permainan video, hal ini mencerminkan adopsi yang luas terhadap berbagai model bisnis yang tersedia di pasar permainan video.

Hasil survei yang dilakukan oleh Statista menunjukkan bahwa 41% dari total responden melakukan pembelian dalam permainan (in-game purchases), sebuah angka yang mencerminkan popularitas model bisnis premium di mana pemain dapat membeli item virtual atau fitur tambahan. Selain itu, sebanyak 38% responden lebih memilih untuk mengunduh permainan secara digital daripada membeli versi fisiknya, perilaku ini mencerminkan tren yang sedang populer terkait dengan game downloads.(Consumer Insights Global survey, 2023)

Penting juga untuk mencatat bahwa pembelian permainan game (online games) mencapai 37% dari total responden, menunjukkan bahwa game memiliki popularitas yang signifikan di kalangan pemain di Indonesia. Sementara itu, pembelian melalui langganan mencapai 17%, menandakan minat yang meningkat terhadap layanan berlangganan seperti cloud gaming atau perpustakaan game diantara pemain di Indonesia.

Meskipun industri permainan video terus berkembang dan menarik minat yang luas, hasil survei juga mengungkapkan bahwa dari total responden, hanya sebanyak 7% yang tidak memainkan video game sama sekali. Hal ini menunjukkan bahwa minat dan keterlibatan dalam permainan video telah menjangkau sebagian besar lapisan masyarakat, karena hanya sebagian kecil yang tidak tertarik atau terlibat dalam bermain game.

Secara keseluruhan, data ini menunjukkan bahwa industri video game memiliki pangsa pasar yang signifikan di Indonesia, dengan beragam model pembelian yang menjadi pilihan para pemain. Dengan tren ini, diperkirakan industri game akan terus berkembang dan memberikan kontribusi positif terhadap ekonomi dan budaya di Indonesia.

Menurut Outlook Pariwisata & Ekonomi Kreatif 2021/2022 , subsektor aplikasi dan game berhasil menyumbang PDB sebesar Rp31,25 Triliun pada 2021. Hebatnya, subsektor ini menjadi subsektor dengan laju pertumbuhan tertinggi kedua (sebesar 9,17%), setelah subsektor televisi dan radio (9,48%).(Kemenparekraf/Baparekraf RI, 2023)

Grafik Video game purchases in Indonesia March 2023

Peningkatan signifikan dalam industri permainan video di Indonesia tidak hanya memberikan dampak positif pada popularitas dan adopsi permainan video, tetapi juga berkontribusi secara substansial terhadap peningkatan jumlah lapangan pekerjaan di subsektor aplikasi dan game. Diperkirakan bahwa sebanyak 10.917 pekerja baru telah bergabung dalam subsektor ini, menunjukkan pertumbuhan yang mengesankan dalam hal penciptaan peluang kerja. Data ini menggambarkan bahwa pada tahun 2021, sekitar 140.321 orang telah terlibat dalam industri yang menjanjikan ini, menunjukkan potensi besar dalam menciptakan lapangan pekerjaan yang berkelanjutan dan bermanfaat bagi ekonomi Indonesia.

Fenomena ini juga menyoroti perkembangan yang pesat dalam industri game di Indonesia, yang terbukti dari munculnya banyak pengembang game lokal yang telah berhasil memasarkan karya-karya mereka melalui platform distribusi digital game seperti STEAM atau melalui platform mobile seperti App Store atau Play Store. Kehadiran para pengembang game lokal ini tidak hanya meningkatkan diversitas dalam konten permainan yang tersedia bagi para pemain, tetapi juga memperluas pangsa pasar untuk industri permainan video Indonesia secara keseluruhan.

Salah satu contoh nyata dari keberhasilan ini adalah game Coral Island, yang diciptakan oleh pengembang indie game dari Yogyakarta, yaitu Stairway Studio. Coral Island telah menarik perhatian masyarakat internasional bahkan sebelum dirilis secara resmi. Sebelum diluncurkan, Coral Island berhasil mendapatkan dukungan yang luar biasa saat dikampanyekan melalui platform pendanaan Kickstarter, yang merupakan platform untuk proyek-proyek industri kreatif.

Pendanaan yang berhasil dikumpulkan sebesar USD1,6 juta atau sekitar Rp24,3 miliar, Coral Island menjadi salah satu game dari Indonesia yang berhasil meraih pendanaan terbanyak di Kickstarter. Untuk memperluas brand di kalangan masyarakat umum, pengembang melakukan kampanye pemasaran yang luas melalui media sosial. Selain itu, mereka juga melibatkan sejumlah komunitas gamer sebagai sarana promosi.

Melihat kesuksesan developer game di Indonesia, terdapat beberapa faktor yang bisa dijadikan contoh bagi para penggemar game yang ingin memulai perjalanan menciptakan game mereka sendiri (Buckingham, 2023):

  • Memahami dasar mekanika dan alat yang diperlukan untuk menciptakan game.

Untuk menciptakan game, penting untuk memahami dasar mekanika dan alat yang diperlukan, termasuk pemahaman tentang program komputer yang esensial. Hal ini merupakan fondasi yang krusial bagi setiap pengembang game, karena tanpa pemahaman yang memadai tentang mekanika dasar dan alat-alat yang diperlukan, sulit untuk menciptakan pengalaman game yang berkualitas. Kemampuan dasar ini membuka pintu bagi eksplorasi kreatif dalam pengembangan game, memungkinkan pengembang untuk mewujudkan visi mereka dengan lebih baik. Dengan memahami dasar-dasar ini, pengembang dapat memperluas kemampuan mereka dalam menciptakan pengalaman game yang inovatif dan menarik bagi para pemain.

  • Melakukan riset dan memahami tren genre game yang sedang populer.

Penting untuk melakukan riset dan memahami tren genre game yang sedang populer saat ini. Dengan ragamnya genre game yang tersedia, riset akan memainkan peran penting dalam menentukan jenis game yang ingin dibuat serta platform mana yang paling sesuai, apakah itu konsol game tradisional atau perangkat mobile. Dengan memahami tren ini, pengembang dapat membuat keputusan yang lebih terinformasi tentang arah dan fokus pengembangan game mereka, sehingga meningkatkan kesempatan untuk menarik perhatian pemain dan mencapai kesuksesan dalam pasar yang kompetitif.

  • Mempelajari aspek bisnis dari pembuatan video game.

Pemahaman tentang aspek bisnis dalam pembuatan video game merupakan langkah penting bagi pengembang. Salah satu tujuan utama perusahaan dalam menciptakan game adalah memperoleh keuntungan finansial. Oleh karena itu, pemahaman yang kuat tentang rencana bisnis umum sangatlah krusial untuk mengartikulasikan visi di balik game yang akan dipasarkan. Hal ini meliputi wawasan mendalam tentang aspek teknis dan desain dalam pengembangan video game, serta pemahaman terhadap seluruh proses bisnis industri game, mulai dari teori hingga produksi. Dengan demikian, pengembang dapat membuat keputusan yang lebih cerdas secara finansial dan memastikan kesuksesan jangka panjang bagi game yang mereka kembangkan.

  • Membuat strategi pemasaran yang matang adalah langkah penting untuk kesuksesan game indie.

Pengembang dengan anggaran kecil dan sumber daya terbatas dapat memanfaatkan rekomendasi praktis dan teknik untuk membangun visibilitas serta menjual game mereka. Kampanye Kickstarter bisa menjadi solusi untuk mendapatkan dana, sementara promosi melalui media sosial dan pembuatan forum khusus bagi pemain game dapat membantu memperluas jangkauan audiens. Dengan strategi pemasaran yang terencana dengan baik, pengembang dapat meningkatkan kesadaran akan game mereka, menarik lebih banyak pemain, dan menciptakan forum penggemar yang loyal.

Secara keseluruhan, menciptakan game sendiri merupakan jalur karier yang menjanjikan, menghasilkan keuntungan finansial sekaligus memberikan kontribusi signifikan terhadap penciptaan lapangan kerja. Namun, kesuksesan dalam bidang ini tidak dapat dicapai secara instan. Diperlukan proses panjang serta langkah-langkah yang tepat untuk menghasilkan permainan yang berkualitas dan diminati pasar. Pentingnya memiliki pemahaman mendalam tentang mekanika dasar permainan, tren dalam berbagai genre, aspek-aspek bisnis, dan strategi pemasaran tak terbantahkan.

Di tengah persaingan yang ketat dalam industri ini, hanya mereka yang memiliki pemahaman yang komprehensif tentang semua aspek yang terlibat yang memiliki peluang terbaik untuk mencapai kesuksesan. Kesabaran, ketekunan, dan komitmen untuk terus belajar juga merupakan kunci untuk menjadi pengembang game yang sukses. Dengan menggabungkan semua elemen ini, pengembang permainan memiliki peluang yang lebih besar untuk menciptakan permainan yang inovatif dan berhasil di pasaran yang semakin kompetitif.

 

Referensi

Buckingham, C. (2023). Business Planning for Games. CRC Press. https://doi.org/10.1201/9781003352594

Consumer Insights Global survey. (2023, Juni 8). Video game purchases in Indonesia as of March 2023 [Graph]. In Statista. Statista. https://www.statista.com/forecasts/823418/video-game-purchases-in-indonesia

Kemenparekraf/Baparekraf RI. (2023, Juni 9). Perkembangan Industri Gim di Indonesia, Raih Penghargaan Internasional. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. https://www.kemenparekraf.go.id/hasil-pencarian/perkembangan-industri-gim-di-indonesia-raih-penghargaan-internasional

 

Penulis: Muhammad Zaky Rakhmat | Editor: Irma Sari R

Informasi Lainnya