Library Newsletter | Tel-U Open Library, Juli 2022

31 July 2022 Oleh mzakyrakhmat Dilihat 43 kali

Recap Berita Open Library Selama Bulan Juli 2022

Kegiatan Stock Opname Open Library

Gambar 1

Kegiatan Stock Opname Open Library.

 

(29/07) Memanfaatkan masa libur semester ganjil 2022 mulai tanggal 11 Juli – 29 Juli 2022, seluruh tim Open Library melakukan agenda stock opname koleksi Open Library yang berada di kawasan kampus Bandung Technoplex dan juga Open Library di lokasi kampus Gegerkalong. Stock opname dalam istilah kepustakaan berarti melakukan pengecekan atau pemeriksaan koleksi secara menyeluruh untuk memastikan ketersediaan, lokasi dan kondisi koleksi sesuai dengan data koleksi pada database Open Library.

Kegiatan ini dilaksanakan untuk melakukan kontrol serta pengawasan terhadap seluruh aset koleksi yang dimiliki Open Library, untuk memastikan koleksi Open Library benar-benar tersedia di Perpustakaan dan sesuai dengan database Open Library. Kegiatan Stock Opname ini juga sekaligus mengkaji efektifitas pemanfaatan koleksi Open Library oleh para pemustaka agar pustakawan Open Library dapat melakukan penyiangan (weeding) atau penarikan terhadap koleksi buku yang sudah tidak relevan lagi dengan kebutuhan pemustaka.

Kegiatan Stock Opname merupakan tugas kerja yang harus dikerjakan oleh seluruh pustakawan ataupun staf Open Library dengan proses kerja yang membutuhkan waktu yang terarah, sehingga pengerjaan stock opname dapat dilaksanakan dengan fokus kerja yang baik, efisien dan dapat diselesaikan dengan tepat waktu. Proses stock opname yang dilakukan Open Library dimulai dari pembagian kerja kepada para pustakawan, melakukan kegiatan reshelving (pembenahan susunan buku) pada seluruh rak buku yang tersedia, mencatat barcode dari seluruh koleksi buku yang tersedia pada rak, melakukan weeding terhadap koleksi yang sudah tidak akan dilayangkan, validasi data buku yang telah dicatat dengan database Open Library dan terakhir adalah proses shelving dan insert koleksi baru yang nantinya akan dilayankan kepada pemustaka.

Selain kegiatan stock opname, kegiatan weeding harus dilakukan sebagai upaya untuk menyeleksi koleksi buku Open Library yang dianggap sudah tidak relevan lagi dengan kebutuhan pemustaka. Sehingga kegiatan weeding dilakukan untuk dapat menyesuaikan koleksi yang tersedia pada Open Library sebagai Perpustakaan Universitas, dengan kebutuhan pemustaka yang sebagian besar adalah Civitas Akademika Telkom University. Buku yang telah diweeding dapat digantikan dengan koleksi buku yang lebih relevan dan sesuai dengan kebutuhan pemustaka, tentunya dengan tetap memperhatikan jarak dan kerapihan dari setiap rak buku

Selama kegiatan Stock Opname berlangsung Open Library melayankan layanan terbatas yang hanya melayani, pengembalian koleksi buku dan pengajuan pembuatan Surat Bebas Kewajiban Perpustakaan, untuk memenuhi kebutuhan informasi para pemustaka, Open Library tetap bisa diakses secara online selama 24 jam melalui website Openlibrary.telkomuniversity.ac.id. seluruh layanan online yang dapat diakses oleh para pemustaka antara lain penelusuran koleksi, penelusuran peminjaman koleksi, perpanjangan masa peminjaman koleksi, layanan akses dan unduh koleksi elektronik, karya ilmiah tugas akhir, serta akses database jurnal nasional dan internasional.

 

 


 

Open Library Koleksi Terbaru, Juli 2022

Open Library secara berkala terus melakukan pengembangan koleksi melalui pembaharuan dan penambahan koleksi pustaka dengan berbagai ragam judul koleksi terbaru yang sudah bisa diakses baik secara onsite maupun secara online. Kali ini Open Library memberikan highlight buku terbaru yang sudah dapat dinikmati oleh seluruh Civitas Akademik Telkom University

Judul: Digital Transformation Shaping the Subconscious Minds of Organizations: Innovative Organizations and Hybrid Intelligences

Pengarang: Werner Leodolter 

No Katalog:  22.21.857

Jenis Koleksi: E-book (Buku Elektronik)

Buku ini menawarkan kerangka kerja baru untuk membuat konsep dan mengelola organisasi dengan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi dalam proses kerjanya. Buku ini mendukung para manajer untuk secara aktif memandu transformasi digital pada suatu organisasi melalui metafora yang kuat dari pikiran bawah sadar organisasi. Dengan merancang dan mengembangkan pikiran bawah sadar, organisasi masa depan akan berkembang dengan sukses serta berkelanjutan ketika menerapkan "kecerdasan hibrida" dengan bagian yang signifikan dari kecerdasan buatan tetapi keunggulan yang jelas dari manusia. Penulis mengacu pada aspek psikologis pengambilan keputusan, membawa pembaca dari persepsi ke analisis, kesimpulan dan ke keputusan dan tindakan.

Buku ini memberikan informasi yang mendukung gagasan konseptual serta membentuk tiga narasi tentang masa depan manufaktur, perawatan kesehatan, dan ritel. Efek dari menggabungkan teknologi baru seperti sensor, analitik visual, pendukung keputusan, kecerdasan buatan, dan robotika, dieksplorasi dengan lengkap dan sistematis agar para pembaca dapat memperoleh pandangan yang komprehensif tentang manajemen dan perilaku organisasi, baik pada saat ini maupun nanti di masa depan.

Buku ini memiliki daya tarik yang luas bagi para ahli informasi, ahli strategi, pengembang organisasi, konsultan manajemen maupun mahasiswa yang mempelajari manajemen akan memungkinkan mereka untuk terus berkembang dalam era transformasi digital. Serangkaian prinsip panduan yang menggugah pikiran serta ide-ide  dieksplorasi pada buku ini untuk ditawarkan kepada semua orang yang tertarik dengan masa depan organisasi, ekonomi, dan masyarakat.

 

Judul: Springer Handbook of Robotics

Pengarang: Bruno Siciliano, Oussama Khatib 

No Katalog:  21.01.1066

Jenis Koleksi: Circulation (Buku)

Dengan perkembangan ilmu robotika yang mengalami transformasi besar baru-baru ini, Publisher Springer menerbitkan buku pegangan baru  yang otoritatif dengan pembahasan tentang teknologi robotika yang komperhensif terhadap pekembangan teknologi robotika dimasa depan. Setelah terlepas dari asal-usulnya di industri, teknologi robotika telah berkembang pesat ke medan yang menantang dari lingkungan yang tidak terstruktur. Tidak seperti buku pegangan lain yang berfokus pada aplikasi industri, Buku Pegangan Robotika Springer menggabungkan perkembangan teknologi termutakhir yang mendukung berkembangan teknologi robotika ini. Sama seperti semua Buku Pegangan Springer, Buku ini disusun dengan komprehensif, diedit oleh para ahli ternama dengan ruang lingkup internasional, dan penuh dengan kontribusi dari para peneliti terkemuka dari seluruh dunia. Buku pegangan ini adalah sumber yang ideal untuk para ahli robotika tetapi juga untuk orang-orang yang baru mengenal bidang yang sedang berkembang ini.

 

 


 

Pemenang Library User Award 2022

Memasuki periode semester kedua tahun 2022, Open Library kembali menyelenggarakan “Open Library User Award”, dimana Open Library User Award ini dilaksanakan sebagai bentuk kami atas antusiasme dan keaktifan TelUtizen dalam memanfaatkan seluruh layanan yang Open Library miliki, baik layanan yang dapat diakses secara luring maupun layanan yang diakses secara online. Open Library User Award dilaksanakan dengan memberikan tanda cinta kepada TelUtizen yang terpilih sebagai pengunjung teraktif, peminjaman buku terbanyak, serta akses koleksi online teraktif (akses e-book, flippingbook, jurnal, TA dll) pada periode Januari – Juni tahun 2022.