TENTANG REPOSITORI TELKOM UNIVERSITY

18 December 2023 Oleh mzakyrakhmat Dilihat 62 kali

TENTANG REPOSITORI TELKOM UNIVERSITY

Dalam rangka mendukung pertumbuhan dan evolusi ilmu pengetahuan, repositori Universitas memainkan peran penting dalam menghubungkan penelitian, pendidikan, dan masyarakat. Dengan terus menyediakan akses dan mendukung kolaborasi antarpeneliti, repositori ini menjadi tulang punggung bagi pengembangan pengetahuan di masa depan.

Repositori universitas adalah platform digital yang digunakan oleh lembaga akademis dan penelitian untuk menyimpan dan menyebarkan hasil intelektual mereka. Ini berfungsi sebagai pusat pengarsipan dan menyediakan akses ke berbagai jenis materi, termasuk artikel jurnal, prosiding konferensi, kumpulan data penelitian, serta karya penelitian lainnya (Ukwoma et al., 2019).

Repository Tel-U bukan hanya sebuah sistem penyimpanan digital biasa, melainkan sebuah ekosistem yang mewujudkan komitmen mendalam Universitas Telkom dalam memfasilitasi akses terbuka terhadap berbagai jenis publikasi ilmiah. Repositori ini menjadi rumah bagi beragam karya intelektual, seperti laporan proyek akhir, tugas akhir, tesis, dan disertasi, yang tidak hanya disimpan tetapi juga disediakan untuk dikaji oleh publik. Sementara Repositori Tel-U dapat diakses oleh seluruh civitas akademika Tel-U melalui halaman repository.telkomuniversity.ac.id

Mengingat bahwa salah satu tujuan utamanya adalah memfasilitasi penyebaran pengetahuan, repositori ilmiah ini menjadi jembatan penting untuk meningkatkan aksesibilitas terhadap literatur ilmiah yang telah terkumpul di dalamnya. Dengan begitu, kontribusi pengetahuan dari mahasiswa dan akademisi dapat lebih mudah dijangkau oleh mereka yang membutuhkan. Keberadaan repositori ini juga memberikan kesempatan emas bagi karya-karya ilmiah yang ada di dalamnya untuk terindeks oleh berbagai basis data ilmiah, seperti Google Scholar.

Dasar hukum yang mengatur keberadaan repositori ini tercantum dalam KEPUTUSAN WAKIL REKTOR BIDANG AKADEMIK UNIVERSITAS TELKOM Nomor : KWR1.175/AKD26/AKD-PUS/2022 yang secara khusus mengatur tentang aturan umum tugas akhir sebagai bagian dari penelitian dan publikasi di lingkungan Universitas Telkom. Pasal keempat dari keputusan ini menegaskan pentingnya menyimpan karya akhir mahasiswa program Diploma, S1, S1 Terapan, S2, dan S3 dengan cara mengunggahnya pada repositori institusi.

Di dalam ruang simpan ini, terhimpun bukan hanya karya akhir dari berbagai tingkatan pendidikan saja. Tapi juga berbagai jenis publikasi ilmiah lainnya yang memberikan ragam wawasan. Mulai dari proyek akhir, tugas akhir, tesis, hingga disertasi, artikel penelitian, buku laporan kegiatan pengabdian masyarakat, dan karya buku yang dihasilkan oleh dosen Tel-U. Manfaat dari adanya repositori ini jauh melampaui sekadar penyimpanan digital.

Manfaat dari adanya repositori Telkom University:

  1. Meningkatkan Visibilitas dan Dampak Penelitian: Repositori memperluas jangkauan dan dampak output penelitian.
  2. Membangun Reputasi Akademik: Menjadi tempat berharga untuk membangun reputasi baik secara individu maupun institusional di dunia akademik.
  3. Wadah Ide, Inovasi, dan Pengetahuan: Repositori menjadi tempat lahirnya ide-ide baru, inovasi, dan pengetahuan mendatang.
  4. Penyimpanan Jangka Panjang dan Preservasi: Menyediakan aspek penting dalam penyimpanan jangka panjang dan preservasi, memberikan jaminan ketersediaan informasi dan perlindungan hak cipta bagi kontributor karya ilmiah.

Sebagai kesimpulan, repositori universitas menyediakan layanan bernilai tambah, meningkatkan visibilitas dan penyebaran penelitian, dan mendukung inisiatif sains terbuka. Repositori ini memainkan peran penting dalam memfasilitasi akses ke informasi ilmiah dan mempromosikan kemajuan penelitian dan pembelajaran (Schmale, 2018).

Repositori Tel-U terus menunjukkan pertumbuhan yang signifikan dalam jumlah koleksinya dari waktu ke waktu. Pada tahun 2023, jumlah konten digital yang tersimpan di repositori Tel-U mencapai 51.624. Koleksi ini terdiri dari berbagai jenis materi akademik, termasuk 12.959 proyek akhir, 51.624 tugas akhir, 2.014 tesis, dan 23 disertasi.

Pertumbuhan yang konsisten dari koleksi repositori Telkom University serta tingginya antusiasme dan dukungan dari mahasiswa dan pengguna lainnya menegaskan peran vital repositori Tel-U sebagai sumber pengetahuan yang berharga bagi komunitas akademik Tel-U. Dengan mengakomodasi kebutuhan akses dan referensi, repositori Tel-U tetap menjadi salah satu aset kunci dalam pembelajaran dan penelitian di lingkungan Telkom University.

Civitas Telkom University dapat memperoleh informasi yang lebih komprehensif tentang langkah-langkah serta prosedur yang diperlukan untuk mengunggah karya akhir ke dalam repositori dengan mengunjungi halaman yang tersedia disini.

Referensi

Schmale, W. (2018). Strategic options for university repositories in the digital humanities. VOEB-Mitteilungen, 71(1), 21–29. https://doi.org/10.31263/voebm.v71i1.1966

Ukwoma, S. C., Osadebe, N. E., & Dim, C. L. (2019). Management of institutional repositories (IR) in higher education perspective. Library Management, 40(8–9), 543–557. https://doi.org/10.1108/LM-12-2018-0094

Informasi Lainnya