Studi Banding UNJ di Open Library Telkom University

29 April 2024 Oleh mzakyrakhmat Dilihat 64 kali

Studi Banding Universitas Negeri Jakarta di Open Library Telkom University

Gambar: kunjungan studi banding Universitas Negeri Jakarta

Pada Kamis, 25 April 2024, suasana di Open Library Telkom University kehadiran kunjungan dari Universitas Jakarta (UNJ). Sebanyak 23 orang, terdiri dari para pustakawan dan non-pustakawan, Kunjungan ini merupakan bagian dari upaya studi banding UNJ untuk meningkatkan pemahaman mereka tentang layanan dan tata kelola Perpustakaan, yang akan membantu mereka dalam proses re-akreditasi Perpustakaan pada tahun 2025.

Ibu Ummi Mukminati Siregar, Kepala Perpustakaan UNJ, memimpin rombongan dengan tujuan yang jelas: memahami secara menyeluruh tata kelola dan operasional Open Library sebagai bagian dari persiapan untuk proses reakreditasi Perpustakaan UNJ tahun 2025. Dalam sambutannya, beliau menjelaskan bahwa kunjungan ini merupakan langkah penting dalam persiapan menuju reakreditasi Perpustakaan UNJ.

Penerimaan hangat diberikan oleh pihak Open Library, yang diwakili oleh Ibu Irma Sari Rahayu, Ibu Lusi Satia Rahmawati, dan Bapak Yudhi Adi Nugroho. Kegiatan dimulai dengan sesi sharing di ruang mini theatre Open Library, membahas berbagai topik mulai dari sistem manajemen koleksi hingga terobosan teknologi untuk meningkatkan akses informasi.

Salah satu poin penting yang dibahas adalah penggunaan teknologi dalam pengelolaan perpustakaan. Bapak Yudhi Adi Nugroho menjelaskan bahwa Open Library Telkom University telah mengadopsi inovasi teknologi seperti aplikasi mobile "telu opelib" untuk mempermudah akses dan pemanfaatan koleksi perpustakaan. Setelah sesi sharing, rombongan UNJ diajak untuk melakukan tur perpustakaan, memperoleh pemahaman langsung tentang fasilitas dan layanan yang tersedia.

Harapannya, hasil dari kunjungan ini akan meningkatkan kualitas pendidikan melalui peran yang lebih kuat dari perpustakaan sebagai pusat pembelajaran dan pengetahuan yang berkelanjutan. Serta dapat membantu rekan-rekan Pustkawan UNJ dalam pelaksanaan Reakreditasi Perpustakaan mereka di tahun 2025.

Penulis: Muhammad Zaky Rakhmat

Informasi Lainnya