Open Educational Resources (OER)

29 January 2024 Oleh library Dilihat 67 kali

Tel-U Open Educational Resources (OER) adalah sumber daya pendidikan yang mengadopsi pendekatan pembelajaran yang lebih inklusif dan inovatif. OER terdiri dari materi pembelajaran yang dirilis dibawah lisensi terbuka, yang memungkinkan pemelajar untuk mengakses, menyimpan, menggunakan, membagikan, menggabungkan, memodifikasi kembali materi tanpa perlu mendapatkan izin dari pemiliknya.

Tel-U OER hadir sebagai alternatif sumber daya informasi baru yang dinamis dan efisien sebagai hasil kolaborasi dan inovasi antara Open Library dan para kontributor yang berkomitmen untuk memperluas dan meningkatkan akses terhadap sumber daya pendidikan yang gratis namun berkualitas.

Selamat belajar!

 

1. UX Writer: Skill Menulis di Era Digital

Perilaku konsumen di era digital sangatlah dinamis dan beragam, sehingga butuh seseorang yang mampu melakukan pendekatan kepada pengguna dengan strategi konten yang tepat. UX Writer hadir dalam menjalankan peran penting itu. Webinar "UX Writer: Skill Menulis di Era Digital" ini memberikan pemahaman bagaimana profesi UX Writer merupakan profesi yang lahir akibat dari perkembangan teknologi digital dan menjadi profesi yang patut untuk diperhitungkan pada era ekosistem digital.

Speaker:
1. Dr. Martha Tri Lestari, S.Sos.,MM - Dosen Telkom University
2. Reza Mardian - UX Writer, Lummo - Formerly Bukukas

Moderator:
Anggian Lasmarito Pasaribu, S.I.Kom., M.A - Dosen Telkom University

Link OER:  UX Writer: Skill Menulis di Era Digital

 

2. The Evolution of Digital Era: Metaverse & Web 3.0

"The Evolution of Digital Era: Metaverse and Web 3.0" membahas mengenai evolusi era digital masa kini khususnya metaverse yang merupakan dunia komunitas virtual tanpa akhir yang saling terhubung melalui teknologi Augmented Reality (AR). serta evolusi web 3.0 yang berlandaskan web semantik dan kecerdasan buatan (AI) dimana pengguna dan mesin akan dapat berinteraksi dengan data melalui program pemahaman informasi baik secara konseptual maupun kontekstual.

Speaker
1. Rikman Aherliwan Rudawan, S.T., M. Kom - Dosen Telkom University
2. Adrian Zakhary S.T.P., M.S.E - Head of Taskforce Web3 ICCN, Founder MAJA Labs

Moderator:
Donni Richasdy, S.T., M.T. - Dosen Telkom University

Link OER: The Evolution of Digital Era: Metaverse & Web 3.0

 

3. Digital Safety Literacy: Secure Your Personal Data

"Digital Safety Literacy: Secure Your Personal Data" akan memberikan pemahaman pentingnya literasi digital dalam menjaga keamanan dan privasi data pribadi di era dengan maraknya cyber crime. Lingkup materi yang akan disampaikan adalah memberikan pemahaman kepada peserta mengenai regulasi dan kebijakan secara normatif dalam pengelolaan data pribadi. Serta teknis dan pengamanan data pribadi.

Speaker
1. Bonifasius Wahyu Pudjianto, Ph.D - Direktur Pemberdayaan Informatika – KEMENKOMINFO
2. Muhammad Shifa Zulfikar, S.Kom - Co-Founder & Direktur CyberArmyID

Moderator:
Anisa Diniati M.I.Kom - Dosen Telkom University

Link OER: Digital Safety Literacy: Secure Your Personal Data

 

4. Indie Game Developer: Game Lokal Siap Mendunia

Developer Game Indonesia mampu bersaing dengan developer luar negeri, berbagai developer game indonesia sudah membuktikan dapat menciptakan karya luar biasa yang mampu masuk pasar Internasional.

Materi "Indie Game Developer: Game Lokal Siap Mendunia" akan memberikan insight dari narasumber yang ahli dalam mengembangkan game, dimulai dari cara memulai, menjalankan, dan menghasilkan game terbaik sebagai karya digital yang dapat mengharumkan nama bangsa Indonesia sekaligus menambah penghasilan.

Speaker
1. Arya K. Hamdani - Founder StoryTale Studios
2. Tiara Radinska Deanda, S.Sn, M.Ds. - Dosen Telkom University:

Moderator:
Yahdi Siradj ST., MT - Dosen Telkom University

Link OER: Indie Game Developer: Game Lokal Siap Mendunia

 

5. Sustainable Business: Lingkungan Aman Bisnis Jalan

"Sustainable Business: Lingkungan Aman Bisnis Jalan" kegiatan ini akan memberikan informasi bagaimana mengelola bisnis yang tidak hanya profit oriented, namun tetap ramah lingkungan dan memperhatikan keberlangsungan makhluk hidup disekitar.

Spekaer:
1. Ranti Sabina, S.Sn, MM. - Founder PT Tukang Bersih Indonesia, a group company of Ecocare
2. Robbi Hendriyanto, S.T., M.T. - Dosen Telkom University, CSO GoniGoni

Moderator: Yeyen Hamidah, S.Pd., M.Pd. - Dosen Telkom University

Link OER: Sustainable Business: Lingkungan Aman Bisnis Jalan

 

6. Quarter Life Crisiss: Kenali Dirimu untuk Masa Depanmu

Jalan yang sangat panjang masih harus ditempuh untuk mengatasi masalah kesehatan mental bagi remaja secara menyeluruh. Kegiatan ini dapat memberikan literasi bagaimana cara menggali serta mengelola kesehatan mental bagi peserta yang mengikuti kegiatan ini, serta memberikan pemahaman dalam pemanfaatan media teknologi untuk melakukan kampanye kesehatan mental.

Speaker:
1. Dr. Henndy Ginting - Psikolog & Dosen SBM ITB
2. Levina Purnamadewi - Co-Founder Menjadimanusia.id

Moderator:
Pradipta Dirgantara, S.IP., M.IL., M.Sc - Dosen Telkom University

Link OER: Quarter Life Crisiss : Kenali Dirimu untuk Masa Depanmu

 

7. Human Literacy: Critical Thinking Process

Kemampuan berpikir kritis merupakan soft skill yang harus dimiliki setiap orang, tetapi memanfaatkan dan melatih cara untuk berpikir kritis masih menjadi hal yang sulit dilakukan. Melalui materi “Human Literacy: Critical Thinking Process “ Kita akan diberikan pemahaman bagaimana proses untuk membentuk dan melatih berpikir kritis. Kemampuan berfikir kritis akan sangat bermanfaat seperti menganalisis suatu masalah, interpretasi informasi atau data serta evaluasi untuk memecahkan masalah.

 
Narasumber:
1. Rah Utami Nugrahani, Ph.D - Dosen Telkom University
2. Yoris Sebastian - Founder OMG Consulting, Co-founder Inspigo, dan Penulis

Moderator:
Choiria Anggraini, S.I.Kom., M.I.Kom - Dosen Telkom University

Link OER: Human Literacy: Critical Thinking Process

 

8. Berpikir Kreatif dalam Bisnis

Tahukah kalian?! dunia bisnis terus berubah dan penuh tantangan, strategi konvensional tidak lagi mampu menjawab segala tantangan di era bisnis modern. Inovasi dan pertumbuhan menjadi kunci penting untuk bertahan dalam dunia bisnis dan berpikir kreatif adalah kunci untuk menghadapi tantangan dan menciptakan peluang baru yang menjadikan Inovasi tidak hanya menjadi keinginan, tetapi kebutuhan untuk bertahan dan berkembang.

Narasumber:
1. Dr. Dwi Purnomo, S.TP., M.T., IPU - Founder The Local Enablers International, National Certified Master Trainer BNSP RI

Moderator:
Anggian Lasmarito Pasaribu, S.I.Kom., M.A. - Dosen Telkom University

Link OER: Berpikir Kreatif dalam Bisnis


Informasi Lainnya