Library Newsletter | Tel-U Open Library, Maret 2023

31 March 2023 Oleh mzakyrakhmat Dilihat 43 kali

Introduction to Scopus by Elsevier

Pada hari Selasa, 7 Maret 2023, telah diselenggarakan acara "User Training Scopus by Elsevier" yang diadakan di Aula Gedung GKU . Acara ini diikuti oleh 50 peserta dari berbagai fakultas dan departemen di Universitas Telkom University.

Gambar 1. Kegiatan Introduction to Scopus by Elsevier

Acara dimulai pada pukul 13.30 WIB dengan sambutan dari Ibu Rika Yuliant sebagai kepala bagian dari Open Library. Beliau menyampaikan terima kasih kepada seluruh peserta yang telah hadir dan berharap acara ini dapat memberikan manfaat bagi para peserta dalam mengoptimalkan penggunaan Scopus sebagai platform untuk penelitian dan publikasi ilmiah.

Selanjutnya, acara dilanjutkan dengan presentasi dari bapak Johan Jang sebagai perwakilan dari Elsevier. Beliau menjelaskan secara detail mengenai fitur-fitur dan kegunaan Scopus dalam mendukung aktivitas akademik seperti penelitian, pemantauan tren penelitian, dan publikasi. Peserta juga diberikan kesempatan untuk mengajukan pertanyaan terkait dengan materi yang telah disampaikan.

Acara berakhir pada pukul 15.00 WIB, diharapankan agar acara ini dapat memberikan manfaat yang maksimal bagi para peserta dalam pemanfaatan Scopus khususnya dalam mendukung kegiatan penelitian.

 

Penandatanganan MoU Open Library dengan Perpustakaan Nasional RI (PERPUSNAS)

Pada hari  Senin tanggal 6 Maret 2023, pada pukul 09.00-11.00 WIB, telah dilaksanakan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) kerjasama antara Open Library dengan Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. Kegiatan ini dilakukan di Pullman Hotel Jakarta Central Park Podomoro City, Jakarta Selatan

Gambar 2. Foto dengan para peserta MoU Perpustakan Nasional RI

Berkas kerjasama MoU ini ditandatangani langsung oleh Bapak Syarif Bando selaku Kepala dari Perpustakaan Nasional RI, sementara dari pihak Telkom University diwakilkan oleh Ibu Citra Kusuma Dewi Ph.D selaku Direktur Akademik Telkom University.

Dalam acara ini, terdapat 27 peserta MoU dari berbagai Universitas di Indonesia menyepakati beberapa hal dalam rangka kerjasama yang saling menguntungkan antara pihak Perpustakaan Universitas dan Perpustakaan Nasional.

Open Library secara berkesinambungan akan terus membantu Perpustakaan Nasional dalam pelaksanaan program-program peningkatan literasi dan  minat baca masyarakat, seperti mengadakan kegiatan literasi baik untuk civitas akademika Telkom University maupun Masyarakat umum.

Dengan dilaksanakannya penandatanganan MoU ini, diharapkan kerjasama antara Open Library dengan Perpustakaan Nasional dapat berjalan dengan baik dan memberikan manfaat yang besar bagi kedua belah pihak.

 

 


 

Open Library Koleksi Terbaru, Maret 2022

Judul: Pengembangan Potensi Kewirausahaan pada Masyarakat di Pedesaan

Metode-metode Berbasis Nearest Neighbors

Pengarang: Sisca Eka Fitria, Arien Arianti Gunawan, Mediany Kriseka Putri 

No Katalog:  23.01.343 

Jenis Koleksi: Buku Circulation

Buku ajar ini menjelaskan tentang konsep dan contoh pengembangan masyarakat yang dapat dengan mudah diterapkan oleh mahasiswa di perguruan tinggi. Konsep pengembangan masyarakat yang ditawarkan dalam buku ini diantaranya yaitu pemetaan sumber daya (manusia dan alam), mengenal kebudayaan setempat, menyesuaikan inovasi dengan kebudayaan, dan memberikan ciri khas serta nilai tambah pada daerah yang dikembangkan. Konsep-konsep ini perlu dipahami karena setiap daerah memiliki keunikan dan potensi tersendiri. Agar pengembangan masyarakat tepat sasaran perlu dipahami potensi dari daerah yang akan diberikan pendampingan.

Studi kasus yang disajikan dalam buku ini diambil dari contoh pengembangan masyarakat di Kabupaten Bandung, yaitu Desa Cikadut. Sebagai desa yang sangat dekat dengan perkotaan dan berbatasan dengan Lembang, Desa Cikadut memiliki potensi alam, pertanian dan budaya yang dapat dikembangkan menjadi desa wisata. Dengan menggunakan Empathy Map, kebutuhan dari masyarakat dalam berwisata dapat diidentifikasi. Empathy Map ini diharapkan dapat menjadi masukan bagi pemangku kepentingan dan keputusan di desa setempat untuk mengembangkan desanya menjadi desa wisata.

Informasi Lainnya