Open Library Book Review "Theorizing Crisis Communication"

12 January 2024 Oleh mzakyrakhmat Dilihat 61 kali

Open Library Book Review

 

Judul : Theorizing Crisis Communication, 2/E.

Penulis : Timothy L. Sellnow, Matthew W. Seeger

No. Katalog : 23.21.401

Jenis : Buku - Elektronik (E-Book)

Buku "Theorizing Crisis Communication" karya Timothy L. Sellnow secara komprehensif membahas berbagai teori komunikasi yang relevan dalam konteks krisis. Dalam bukunya, Sellnow menjelaskan betapa pentingnya peran komunikasi krisis dalam manajemen krisis, menggarisbawahi kontribusi teori-teori komunikasi dalam pemahaman dan pengelolaan krisis secara efektif. Sellnow juga membahas berbagai teori komunikasi yang dapat diterapkan dalam situasi krisis, termasuk teori atribusi, teori sumber daya, teori perilaku terencana, dan teori manajemen reputasi.

Buku ini tidak hanya mengupas respon individu dan organisasi terhadap krisis, tetapi juga menyoroti bagaimana media dan masyarakat merespons. Sellnow menekankan pentingnya memahami bagaimana teori-teori komunikasi dapat membantu merancang strategi komunikasi yang mengelola persepsi dan tanggapan media serta masyarakat terhadap krisis.

Sellnow melibatkan pembaca dengan mengaitkan teori-teori yang dibahas dengan studi kasus nyata, memberikan dimensi praktis pada pemahaman konsep-konsep teoritis. Fokus buku ini terutama tertuju pada strategi komunikasi yang dapat dihasilkan dari penerapan teori-teori komunikasi, memberikan panduan praktis tentang bagaimana mengelola krisis melalui komunikasi yang efektif.

Keunggulan buku ini tidak hanya terletak pada pendekatan teoritisnya yang mendalam, tetapi juga pada keterkaitannya dengan kasus nyata, menjadikannya relevan dengan konteks krisis modern. Sellnow berhasil menggabungkan perspektif dari berbagai disiplin ilmu, termasuk komunikasi, manajemen krisis, psikologi, dan sosiologi, memberikan pemahaman yang luas dan mendalam tentang kompleksitas krisis dan respons komunikatifnya.

Dengan keunggulan-keunggulan tersebut, buku "Theorizing Crisis Communication" oleh Timothy L. Sellnow dapat dianggap sebagai sumber rujukan terpercaya bagi praktisi komunikasi, manajer krisis, dan peneliti yang ingin memahami dan mengelola krisis melalui lensa teori komunikasi.

Buku dapat diakses melalui Halaman ini

 

Peresensi : Obi Zakaria 


Informasi Lainnya