Library Newsletter | Tel-U Open Library, November 2022

30 November 2022 Oleh mzakyrakhmat Dilihat 53 kali

Rekap Berita Open Library Selama Bulan November 2022

 

Kampanye Anti-korupsi melalui Lomba pembuatan video reels

Bandung, 10 November 2022- Telkom University Open Library kembali menyelenggarakan kegiatan Pendidikan Anti-korupsi melalui Kampanye Anti-korupsi. Kegiatan Kampanye anti-korupsi kali ini dilakukan dengan mengadakan kompetisi video-reels (reels anti-corruption challenge) yang bertema “Kreasi Mencegah Korupsi”

Kampanye anti-korupsi yang rutin diselenggarakan setiap tahun ini, selain sebagai perwujudan pendidikan anti-korupsi, juga merupakan salah satu bentuk seremonial peringatan Hari Anti Korupsi Sedunia (HAKORDIA) Tahun 2022 yang mengusung tema “Indonesia Pulih Bersatu Lawan Korupsi” sekaligus bentuk aktivasi KPK Corner yang ada di Open Library.

Gambar 1. Poster Kegiatan Lomba Reells Anti-Corruption Challenge

Sebanyak 25 peserta yang terdiri dari mahasiswa dan pegawai Telkom University, ikut menyemarakkan Reels Anti-corruption Challenge, dengan mengusung tema kampanye “Kreasi Cegah Korupsi” dan wajib menampilkan video yang mengandung nilai budaya Telkom University yaitu Harmony, Excellence, Integrity (HEI) yang selaras dengan budaya anti-korupsi.

Bagi para peserta yang sudah mengikuti reels anti-corruption challenge, informasi pemenang akan disampaikan langsung oleh panitia dan akan diumumkan secara resmi melalui website Open Library dan Instagram Open Library pada tanggal 2 Desember 2022.

 

Open Library menyelenggarakan kegiatan "Bahas Baca" secara Onsite

Bandung, 22 November 2022 – Telkom University Open Library berkolaborasi dengan Ikatan Alumni Teknik Industri Angkatan 1993 (Tixers) menyelenggarakan kegiatan Bahas Baca: Proses Kreatif Penulisan Buku Selasar Kampus.

Kegiatan bahas baca kali ini dilaksanakan secara onsite di area reference Open Library, yang diikuti oleh 240 orang. Hadir sebagai narasumber para penulis buku Selasar Kampus yang juga merupakan alumni Teknik Industri STT Telkom Bapak Elnino M. Mohi, S.T., M.M, Ibu Linda Sri Utari, S.T., dan Bapak Jauharun Ni’am, S.T. sebagai Moderator sekaligus Ketua Ikatan Alumni Teknik Industri Tahun 1993.

Gambar 2. Poster Bahas Baca Selasar Kampus 

Kegiatan bahas baca berlangsung dengan sangat meriah, para peserta yang hamper seluruhnya mahasiswa Telkom University, begitu antusias mendengar cerita nostalgia yang penuh haru dari para alumni, selain itu pada kegiatan kali ini, salah satu narasumber yang merupakan ketua tim editor buku Selasar Kampus juga berbagi informasi terkait proses kreatif penulisan buku Selasar Kampus.

Gambar 3. Foto bersama antara peserta dengan narasumber 

Ya, lengkap sudah kegiatan bahas baca kali ini, selain mendapat wawasan terkait proses penulisan buku dan bisa berkenalan dengan para alumni para peserta juga mendapat bekal pengalaman hidup yang dapat memotivasi para peserta untuk tetap semangat menjalani masa kuliah yang penuh cerita sehingga kelak dapat menghantarkan mereka pada takdir baiknya masing-masing.

 


 

Open Library Koleksi Terbaru, November 2022

Judul: Pengolahan Sinyal Biomedis Menggunakan Matlab

Pengarang: Achmad Rizal, Inung Wijayanto, Sugondo Hadiyoso, Annisa HumairaniNo

Katalog:  22.01.920 

Jenis Koleksi: Buku Circulation

Saat ini pengolahan sinyal digital merupakan salah satu bidang ilmu yang berkembang dengan pesat salah satunya untuk aplikasi teknik biomedika. Pengolahan sinyal biomedis banyak dikembangkan untuk membantu dokter atau praktisi medis dalam diagnosis penyakit. Seiring dengan perkembangan teknologi komputasi cepat semakin banyak metode pengolahan sinyal yang dikembangkan dan diaplikasikan untuk menunjang tugas tenaga medis. Penerapan deteksi atau klasifikasi penyakit berdasarkan sinyal biomedis banyak dikembangkan oleh engineer berdasarkan referensi dan kebutuhan dari tenaga medis. Dalam beberapa tahun terakhir ini, penelitian yang mengarah ke aplikasi pengolahan sinyal biomedis terus bertambah. Namun, masih sedikit sumber referensi atau sumber buku yang terstruktur membahas teori dasar, praktik dan implementasi pengolahan sinyal biomedis.

Buku ini hadir untuk mengisi kurangnya referensi tentang pengolahan sinyal biomedis dan aplikasi praktis khususnya dalam bahasa Indonesia. Beragam tools atau bahasa pemrograman untuk pengolahan sinyal digital. Salah satu yang populer dan banyak digunakan oleh engineer adalah Matlab. Matlab dipilih karena kemudahan dalam pengembangan metode pengolahan sinyal digital. Matlab menyediakan library dan tool pengolahan sinyal yang dengan mudah diperoleh secara online.

Buku ini ditulis secara runut dari teori sampai praktik agar pembaca mudah memahami dan dapat mencoba simulasi secara mandiri. Pada bagian awal buku ini dijelaskan tentang konsep tentang sinyal dan sinyal biomedika secara ringkas. Kemudian diikuti dengan penjelasan dasar-dasar Matlab dan pengolahan sinyal digital termasuk transformasi Fourier, transformasi Wavelet dan ekstraksi ciri. Hal ini ditujukan untuk memberikan dasar pemahaman tentang sinyal biomedis dan pengolahan sinyal digital menggunakan Matlab. Bagian selanjutnya dijelaskan tentang klasifikasi dan metode-metode yang umum digunakan dalam klasifikasi. Simulasi pengolahan elektrokardiogram (EKG), elektroensefalogram (EEG), dan suara paru menjadi bagian penting dalam buku ini dalam ranah praktik

 

Informasi Lainnya