Library Newsletter | Tel-U Open Library, Februari 2022

02 March 2022 Oleh zaky@openlib Dilihat 68 kali

Recap Berita Open Library Selama Bulan Februari 2022

 

Open Library Bahas Baca, Bedah Buku “Integritas Bangsaku: Dulu, Kini dan Nanti”


 

(23/2)Telkom University Open Library Bahas Baca merupakan wadah yang disediakan Open Library untuk mengkaji dan membedah karya-karya anak bangsa terutama dalam bentuk karya tertulis (buku), karya tersebut diharapkan dapat memberikan inspirasi dalam membangun generasi muda yang unggul, adaptif dan kreatif. Kegiatan  ini merupakan acara Bahas Baca pertama yang diselenggarakan pada tahun 2022, dengan tajuk acara “Webinar Bahas Baca Integritas Bangsaku: Dulu, Kini dan Nanti”

Pada acara Bahas Baca kali ini, Open Library mengundang seorang penulis ternama sekaligus seorang Motivator di bidang teknologi yaitu Dedi Mahardi, untuk bersama-sama mengkaji sumber inspiratif dari salah satu buku yang beliau buat, yang berjudul “Integritas Bangsaku: Dulu, Kini dan Nanti”. Pada Acara bahas baca ini  dihadiri oleh Rektor Telkom University Prof Dr. Adiwijaya sekaligus sebagai keynote speech dan pembuka dan dipandu oleh Ima Normalia K. sebagai moderator yang merupakan dosen Telkom University.

Melalui acara bahas baca ini diharapkan rekan-rekan mahasiswa dapat lebih mengenal dan memahami mengenai bentuk integritas terutama berkaitan dengan integritas akademik yang dapat dibangun dan dikembangkan pada lingkungan Pendidikan kampus, terbentuk karakter integritas mahasiswa Telkom University yang menjunjung tinggi semangat integritas bangsa, sehingga para generasi muda dapat ikut berperan aktif dalam menciptakan bangsa Indonesia yang damai, adil dan sejahtera.

 

Sosialisasi Surat Bebas Kewajiban Peprustakaan


 

(21/2) Memasuki masa waktu sidang akademi, sidang yudisium dan pendaftaran wisuda, Open Library menyelenggarakan sosialisasi Pengajuan atau pembuatan Surat Bebas Kewajiban Perpustakaan atau yang biasa disingkat SBKP. Kegiatan dilaksanakan sebagai upaya dalam mengedukasi Sivitas Akademika Telkom University baik mahasiswa maupun Dosen terkait tata cara pembuatan SBKP yang meliputi, mengunggah dokumen pada website Open Library, Jenis dokumen yang harus di unggah, dan syarat donasi buku yang harus didonasikan kepada Open Library.

Terdapat total  636 partisipan yang mengikuti kegiatan sosialisasi Pembuatan Surat Bebas Kewajiban Perpustakaan ini, dimana Kegiatan Sosialisasi Pembuatan SBKP ini dilaksanakan melalui media virtual zoom dan dilakukan selama 3 hari dengan waktu yang berbeda, yaitu pada tanggal 14, 17, 21 Februari 2022. Melalui sosialisasi ini diharapkan SIvitas Akademika Telkom University yang akan mengajukan pembuatan SBKP dapat memenuhi persyaratan yang ditentukan Open Library dengan tepat, cepat dan efektif.

 


 

Open Library Koleksi Terbaru, Februari 2022

Open Library secara berkala terus melakukan pengembangan koleksi melalui pembaharuan dan penambahan koleksi pustaka dengan berbagai ragam judul koleksi terbaru yang sudah bisa diakses baik secara onsite maupun secara online. Kali ini Open Library memberikan highlight buku terbaru yang sudah dapat dinikmati oleh seluruh Civitas Akademik Telkom University.

 

 

Judul: Cinematography: Theory and Practice: For Cinematographers and Directors, 4/E.

Pengarang: Blain Brown

No Katalog:  22.21.485

Jenis Koleksi: E-book (Buku Elektronik)

E-book ini berisikan informasi terkait seni dan keahlian sinematografi serta visual storytelling. Beberapa bentuk seni terikat pada alat dan teknologinya seperti halnya sinematografi. Buku ini akan mengajak para pembacanya untuk dapat menguasai alat, teknik, dan peran baru ini menuju ke tingkat yang lebih advance dengan pemaparan mutakhir dari penulis dan pembuat film, Blain Brown.

Edisi ke-4 ini berisikan informasi yang telah diperbaharui secara menyeluruh untuk memasukkan informasi terperinci tentang peralatan, pencahayaan dan kamera terbaru, serta diskusi yang diperluas dan diperbarui pada bidang-bidang pemotretan dengan anggaran terbatas, ruang warna dengan penekanan pada standar UHD terbaru, bagaimana proses pembuatan sinematografi dalam memilih pencahayaan dan peralatan apa yang akan digunakan, pertimbangan mengenai masalah daya, keamanan dan pasokan listrik apa yang dibutuhkan untuk berbagai jenis lampu, pemeriksaan peran sinematografer dalam praproduksi, dan masih banyak lagi.