Open Library Melakukan Studi Banding ke Perpustakaan Universitas Kristen Petra (UK Petra)

21 March 2024 Oleh mzakyrakhmat Dilihat 48 kali

Open Library Melakukan Studi Banding ke Perpustakaan Universitas Kristen Petra (UK Petra)

Dalam rangka meningkatkan kualitas pengelolaan digital library di lingkungan Universitas Telkom, tim dari Open Library melakukan kunjungan studi banding ke Perpustakaan Universitas Kristen Petra (PCU Library) yang berada di Surabaya pada hari Rabu, 20 April 2024. Peserta dari Open Library yang hadir dalam kunjungan ini terdiri dari Kepala Bagian Open Library, Rika Yuliant, M.I.Kom, serta beberapa pustakawan lainnya yaitu Yudhi Nugroho Adi, Irma Sari, Lusi Satia, dan Fajar Hardiana.

Gambar1. Foto Pustakawan Open Library degan pustakawan UK Petra

Studi banding ke PCU Library merupakan bagian penting dari upaya Open Library untuk memperluas pengetahuan tentang praktik terbaik dalam pengelolaan perpustakaan akademik. Tujuan dari studi ini adalah untuk membandingkan dan mengevaluasi berbagai aspek pengelolaan perpustakaan, terutama dalam pengelolaan koleksi tugas akhir dan inisiatif pengembangan sistem informasi perpustakaan yang baru saja selesai dibangun oleh PCU Library.

Pada kunjungan tersebut, tim dari Open Library diterima dengan sangat baik oleh Kepala Perpustakaan Universitas Kristen Petra, Dian Wulandari, S.IIP, Billy Setyadi Karunia, S.I.P., M.A.. selaku Kepala Bagian Pemanfaatan dan Pelayanan Informasi dan juga Samuel Kenley Worang, S.Ds. selaku Visual Design Librarian yang bertanggung jawab terhadap kegiatan promosi PCU Library.

Sesi kunjungan studi banding dimulai dengan sesi presentasi terkait profil PCU Library yang disampaikan langsung oleh Head of PCU Library, Dian Wulandari, S.IIP, sesi berikutnya dilanjutkan dengan diskusi. Banyak sekali insight baru yang didapatkan oleh tim Open Library, selain mengenai pengelolaan tugas akhir dan pengelolaan sistem informasi perpustakaan, PCU Library juga memberi inspirasi kepada Open Library untuk semakin meluaskan manfaat, khususnya kepada warga di sekitar kampus Telkom University melalui program-program literasi yang memberi dampak positif bagi peningkatan kualitas pendidikan dan kualitas hidup masyarakat.

Mengingat keterbatasan waktu, sesi diskusi dilanjutkan kembali pada saat library tour yang juga dipandu langsung oleh Head of PCU Library. Tim Open Library tidak menyia-nyiakan kesempatan untuk mengunjungi PCU Library dengan total luas gedung sebesar 4.312 mdengan pembagian area layanan yang sangat baik dan ditandai dengan memaksimalkan penggunaan warna dan lantai yang berbeda sebagai pembatas area.