AFTECH X TELKOM UNIVERSITY INFINITY GOES TO CAMPUS

11 December 2023 Oleh mzakyrakhmat Dilihat 53 kali

AFTECH X TELKOM UNIVERSITY INFINITY GOES TO CAMPUS MENGENAL RAGAM MANFAAT DAN RISIKO PENGGUNAAN BERBAGAI JENIS FINTECH

Rabu, 6 Desember 2023 AFTECH menyelenggarakan Infinity Goes to Campus periode pekan kelima bersama Telkom University. Kegiatan Online Talk Show kali ini mengangkat tema "Mengenal Ragam Manfaat dan Risiko Penggunaan Berbagai Jenis Fintech". Kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan yang diselenggarakan dalam rangka Bulan Fintech Nasional Tahun 2023 dan Program Financial Literacy Telkom University.

Infinity Goes to Campus merupakan agenda rutin yang diselenggarakan oleh Asosiasi Fintech Indonesia (AFTECH) yang bertujuan untuk memberikan ruang edukasi bagi mahasiswa sehingga memiliki pemahaman  mengenai financial technology dan cara cerdas menggunakan berbagai produk Fintech. Memiliki visi “Untuk mendorong inklusi keuangan melalui layanan keuangan digital” AFTECH  hadir di masyarakat dengan 4 pilar utama kegiatan yaitu advokasi kebijakan, kolaborasi komunitas, keaksaraan (literasi) dan edukasi, serta pengembangan pengetahuan (knowledge hub & intelligence).

Wakil Rektor Bidang Akademik Telkom University yang diwakili oleh Kepala Bagian Open Library dalam sambutannya menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan agenda lanjutan dari kegiatan financial literacy yang telah dilaksanakan pada bulan Oktober lalu. Kegiatan ini, diharapkan dapat memberikan informasi dan edukasi terkait fintech termasuk ragam manfaat dan risiko penggunaannya. Semoga dengan dilaksanakannya kegiatan pengembangan financial literacy secara berkelanjutan, dapat membangun potensi talenta digital muda Indonesia untuk dapat berkarir di industri fintech dan menjadi bagian dari transformasi digital di sektor keuangan yang dapat memberikan dampak  positif bagi lingkungan sekitarnya.

Hadir sebagai narasumber pada kegiatan tersebut Abynprima Rizky selaku Director of Marketing, Communication & Community Development AFTECH, Reiga Indra Rizal selalu Government & Policy Manager VIDA dan Nabila Marsha selaku Legal & Compliance Associate DANA Indonesia. Kegiatan yang berlangsung selama 120 menit ini dihadiri oleh 388 mahasiswa dari berbagai program studi di Telkom University.

Dalam online talk show ini, Abynprima menjelaskan perkembangan fintech & inovasi teknologi sektor keuangan (ITSK) di OJK, dalam paparannya beliau mengungkapkan bahwa hadirnya berbagai teknologi dan inovasi ini juga melahirkan berbagai risiko yang menyertainya. Berdasarkan Data dari Direktorat Operasi Keamanan Siber BSSN Per September 2022, terdapat 1.116.402 anomali trafik jaringan pada sistem elektronik sektor keuangan, hal ini tentu saja menjadi perhatian tidak hanya bagi penyedia produk keuangan namun juga bagi masyarakat.

 

Dalam kesempatan yang sama Reiga Indra Rizal perwakilan VIDA memberi edukasi terkait keamanan data, bagaimana memahami cara-cara sederhana dalam mengamankan data pribadi salah satu nya melalui pembuatan password dan PIN yang tidak mudah ditebak , menggunakan lapisan keamanan ganda serta pengaturan izin akses aplikasi pada produk keuangan yang terinstal di handphone.

Selaras dengan visi AFTECH, DANA Indonesia memiliki visi untuk menjadi Jembatan Menuju Inklusi Keuangan dengan mewujudkan Indonesia menjadi Cashless Society, Nabila Marsha selaku perwakilan dari DANA Indonesia menyatakan bahwa DANA Indonesia berkomitmen untuk mengedepankan aspek perlindungan konsumen berdasarkan pada prinsip Kesetaraan dan perlakuan yang adil, Keterbukaan dan transparansi, Edukasi dan literasi, Perilaku bisnis yang bertanggung jawab, Perlindungan asset konsumen terhadap penyalahgunaan dan juga penegakan kepatuhan. Dalam paparannya kedua narasumber menekankan bahwa mahasiwa sebagai pengguna produk keuangan perlu memastikan bahwa platform yang mereka gunakan memiliki fitur keamanan yang memadai, selain itu, ketiga narasumber memberi awaraness kepada seluruh mahasiswa untuk terus meningkatkan literasi keuangan dan meningkatkan inklusi keuangan. Semoga kerjasama antara AFTECH dan Telkom University dapat terus terjalin, sehingga ruang-ruang edukasi sebagai program kolaborasi kelak dapat mendorong terciptanya inovasi teknologi dan memperkuat daya saing industri fintech di tanah air.

Informasi Lainnya