Mudik Lebaran: Tradisi, Tantangan dan Keselamatan

04 April 2024 Oleh mzakyrakhmat Dilihat 53 kali

Mudik Lebaran: Tradisi, Tantangan dan Keselamatan

Setiap tahunnya, masyarakat Indonesia menyambut momen Lebaran dengan penuh kegembiraan dan kerinduan untuk berkumpul dengan keluarga. Namun, di balik kebahagiaan itu, terdapat fenomena yang menjadi bagian tak terpisahkan dari budaya lebaran di Indonesia, yaitu tradisi mudik. Mudik merupakan tradisi yang telah tertanam kuat dalam budaya masyarakat Indonesia di mana orang-orang kembali ke kampung halaman mereka untuk merayakan Idul Fitri bersama keluarga dan kerabat. Meskipun merupakan momen yang sangat ditunggu-tunggu, namun, mudik juga membawa sejumlah tantangan dan perhatian akan keselamatan.

Gambar: Travel Plan untuk Ramadhan dan EID Masyarakat Muslim Indonesia


Data dari Statista tentang rencana liburan selama Ramadhan dan Idul Fitri di Indonesia tahun 2024 mengungkapkan bahwa hampir setengah (49%) dari responden berencana untuk melakukan perjalanan ke kota lain guna merayakan Idul Fitri. Tradisi mudik di Indonesia telah menjadi kebiasaan yang konsisten, terutama dalam merayakan hari raya Idul Fitri. Kegiatan mengunjungi keluarga dan teman di kampung halaman atau desa memegang peran sentral dalam perayaan liburan Idul Fitri di kalangan masyarakat Indonesia. 

Gambar: Travel Plan untuk Ramadhan dan EID Masyarakat Muslim Indonesia by timeline

Data dari Statista tersebut menunjukkan bahwa 47% responden, berencana akan melakukan mudik pada pekan terakhir bulan Ramadhan. Tingginya minat masyarakat untuk melakukan mudik setiap tahunnya, membawa resiko lain yang menyertai kegiatan mudik yang relatif serempak dilakukan diwaktu yang bersamaan.

Dilaporkan oleh kompas.com bahwa terdapat 5.894 kasus kecelakan dan 729 korban jiwa selama musim mudik pada tahun 2023. Dengan jumlah masyarakat Indonesia yang melakukan mudik terus meningkat setiap tahunnya, persiapan yang matang menjadi krusial untuk menjalankan perjalanan dengan lancar dan aman. Oleh karena itu, bagi peserta mudik, mempersiapkan segala hal yang diperlukan menjadi sangat penting. Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu masyarakat Indonesia yang melakukan mudik agar dapat menjalankan tradisi Lebaran dengan nyaman dan aman.

1. Lakukan pemesanan tiket jauh-jauh hari.

Demi memastikan kenyamanan perjalanan dan penginapan selama Idul Fitri, disarankan untuk melakukan pemesanan tiket penerbangan dan akomodasi dengan segera. Hal ini terutama penting bagi mereka yang merencanakan perjalanan mudik ke daerah luar pulau. Dengan memesan tiket kendaraan mudik secara dini, Anda dapat memastikan tersedianya pilihan terbaik dan menghindari kesulitan akibat keterbatasan kapasitas transportasi pada saat mendekati tanggal keberangkatan.

2. Periksa kendaraan atau lakukan pengecekan bila perlu.

Kendaraan merupakan salah satu komponen yang sangat penting dalam perjalanan mudik. Melakukan pemeriksaan kendaraan sebelum digunakan untuk mudik adalah langkah yang sangat dianjurkan karena dapat mengurangi risiko terjadinya masalah mesin kendaraan dan bahkan risiko kecelakaan. Pastikan untuk memeriksa semua bagian penting kendaraan, seperti mesin, sistem kelistrikan, rem, ban, serta cairan dan oli. Jika ditemukan masalah atau kerusakan, segeralah perbaiki sebelum memulai perjalanan agar dapat menghindari masalah yang lebih serius di tengah perjalanan.

3. Jaga kesehatan pada saat mudik.

Saat berada dalam perjalanan, jangan abaikan pentingnya mengambil istirahat secara teratur. Mengemudi dalam waktu yang lama tanpa jeda dapat meningkatkan risiko kecelakaan khsusnya bagi mereka yang mudik menggunakan roda 4 ataupun roda 2. Bagi yang menggunakan kendaraan darat pada perjalanan mudik yang panjang, pastikan untuk berhenti sejenak, istirahat, dan meregangkan tubuh untuk menjaga kewaspadaan dan konsentrasi. Jika merasa mengantuk atau lelah, jangan ragu untuk berhenti terlebih dahulu. Kecelakaan dapat terjadi karena kelelahan dan kurangnya istirahat yang memadai. Selain itu, beristirahat juga membantu mengurangi stres perjalanan dan membuat perjalanan menjadi lebih menyenangkan serta aman bagi semua penumpang.

4. Persiapkan diri untuk keramaian dan kepadatan lalu lintas.

Mudik sangat erat kaitanya dengan kemacetan, disarankan untuk mempersiapkan diri menghadapi kemacetan dengan baik. Salah satu cara yang baik adalah dengan membawa makanan ringan atau minuman untuk membantu mengatasi stres saat terjebak dalam kemacetan. Selain itu, pastikan juga untuk memperkirakan waktu perjalanan yang lebih lama dan mengatur jadwal keberangkatan dengan bijaksana agar tidak terburu-buru dan dapat menghadapi kemacetan dengan tenang.


Dengan memperhatikan dengan seksama tips-tips yang telah disampaikan dan melakukan persiapan yang matang, para pemudik dapat menjalankan tradisi mudik dengan aman dan nyaman. Mari kita rayakan momen lebaran dengan penuh sukacita dan kebahagiaan, sambil mengingat nilai-nilai kebersamaan dan solidaritas. Mudik pada saat Lebaran tetap menjadi salah satu tradisi terpenting dalam budaya Indonesia.

Meskipun dihadapkan pada sejumlah tantangan, baik dalam hal infrastruktur maupun keselamatan, semangat untuk berkumpul kembali dengan keluarga dan kerabat tetap menjadi pendorong utama untuk melaksanakan kegiatan mudik ini. Diharapkan tradisi mudik tahun 2024 dapat terus berjalan dengan baik dan aman. 

Referensi

JakPat. (2024). Travel plans for Ramadan and Eid among Muslims in Indonesia as of February 2024, by timeline. https://www.statista.com/statistics/1377802/indonesia-eid-travel-plans-by-timeline/

Wiryono, S., & Setuningsih, N. (2023, May 16). Evaluasi Mudik Lebaran 2023, Tercatat 726 Korban Jiwa akibat Kecelakaan Lalu Lintas. Kompas.Com. https://nasional.kompas.com/read/2023/05/16/16520331/evaluasi-mudik-lebaran-2023-tercatat-726-korban-jiwa-akibat-kecelakaan-lalu

YouGov. (2024). Travel plans for Ramadan and Eid among Muslim respondents in Indonesia as of January 2024. https://www.statista.com/statistics/1223831/indonesia-eid-travel-plans/

Informasi Lainnya