Open Discussion 1: Berpikir Kreatif dalam Bisnis

13 March 2024 Oleh mzakyrakhmat Dilihat 66 kali

Open Discussion 1: Berpikir Kreatif dalam Bisnis

Senin, 04 Maret 2024 - Open Library menyelenggarakan kegiatan Open Discussion 1 dengan tema "Berpikir Kreatif dalam Bisnis" yang diselenggarakan pada tanggal 4 Maret 2024. Kegiatan ini diselenggarakan Open Library sebagai ruang persiapan bagi TelUtizen untuk dapat lebih memahami dan menggali potensi manfaat dari kemampuan berpikir kreatif dalam menghadapi dinamika bisnis modern yang terus berubah.

Dengan total peserta sebanyak 270 orang, acara yang diselenggarakan secara virtual melalui platform Zoom berlangsung dengan baik. Open Library mengundang narasumber yang sangat berpengalaman pada bidang design thinking yaitu Bapak Dr. Dwi Purnomo, S.TP., M.T., IPU, pendiri dari The Local Enablers International dan seorang National Certified Master Trainer BNSP RI, beserta Ibu Anggian Lasmarito Pasaribu, S.I.Kom., M.A.,  dosen pada Fakultas Komunikasi Bisnis Telkom University, sebagai moderator yang memandu diskusi seru dan interaktif selama acara berlangsung.

Diskusi yang terjadi selama acara membawa peserta ke dalam pemahaman yang lebih mendalam tentang strategi konvensional yang tidak lagi cukup untuk menjawab tantangan di era bisnis modern. Para peserta diajak untuk mempertimbangkan bahwa inovasi dapat dibentuk melalui metode konstruksi pemikiran kreatif. Creative thinking merupakan pendekatan yang menekankan pada pemahaman mendalam untuk menemukan solusi yang inovatif, menemukan ide-ide baru sekaligus menguji ide yang melibatkan proses berpikir yang fleksibel, tidak konvensional, dan terbuka terhadap kemungkinan-kemungkinan baru.

Pak Dwi menyampaikan kepada peserta bahwa rangkaian proses berpikir dapat dilatih untuk menciptakan pemikiran kreatif yang kuat serta membimbing pemahaman peserta dalam menghadapi ketakutan, bertindak, mengejar passion, bekerja dalam tim, menggunakan alat kreatif, hingga merangkul kepercayaan diri dalam menghadapi inovasi dengan semangat belajar yang berkelanjutan.

Sebagai salah satu unit pendukung akademik, Open Library berkomitmen untuk turut mewujudkan visi Telkom University yaitu menjadi National Excellence Entrepreneurial University pada tahun 2028, berbagai upaya akan terus dilakukan dalam mewujudkan visi tersebut, salah satunya dengan menyelenggarakan berbagai program literasi yang dapat menjadi media bagi mahasiswa untuk ikut terlibat dalam program pendidikan dan pengembangan keterampilan kewirausahaan.

Kegiatan Open Discussion dengan tema Berpikir Kreatif dalam Bisnis menjadi program literasi pembuka di tahun 2024. Kedepannya, Open Library akan terus menyelenggarakan kegiatan literasi dengan tema yang dapat mengeksplorasi kemampuan dan keterampilan dibidang kewirausahaan seperti kepemimpinan, komunikasi efektif dan lain sebagainya.

Penulis: Muhammad Zaky Rakhmat | Editor: Irma Sari R

Informasi Lainnya