Library Newsletter | Tel-U Open Library, April 2022

26 April 2022 Oleh mzakyrakhmat Dilihat 48 kali

Recap Berita Open Library Selama Bulan April 2022

 

Kelas Literasi Open Library

Sebanyak 546 orang mahasiswa dari 8 program studi telah mengikuti kegiatan kelas literasi di bulan April. Kelas literasi yang diselenggarakan oleh Open Library merupakan hasil kolaborasi dengan dosen pengampu mata kuliah metode penelitian, seminar, literasi TIK di beberapa program studi. Selama bulan April, Open Library telah menyelenggarakan 16 sesi kelas literasi dan membahas modul sumber dan penelusuran informasi, integritas akademik dan plagiarisme serta reference management tools bagi mahasiswa program D3, S1 dan S2.

Meningkatnya permintaan kelas literasi pada bulan ini, menunjukkan bahwa program ini memiliki manfaat dan dapat dijadikan langkah awal untuk memulai perkuliahan dan riset. Melalui penyelenggaraan kelas literasi, diharapkan mahasiswa dapat memiliki keterampilan yang baik dalam melakukan penelusuran sumber informasi, evaluasi sumber informasi, memiliki pengetahuan yang cukup terkait integritas akademik dan plagiarisme serta mampu menggunakan reference management tools Mendeley dalam proses penulisan laporan tugas akhir ataupun riset.

Open Library sebagai unit pendukung kegiatan tri dharma perguruan tinggi, menyambut baik seluruh permintaan kelas literasi baik yang sifatnya permintaan individu atau kelompok maupun berkolaborasi dengan program studi pada mata kuliah tertentu, selain itu, Open Library juga dapat menyelenggarakan materi kelas literasi yang sifatnya lebih advanced seperti penulisan paper writing dan academic publishing.

Permintaan kelas literasi baik secara onsite maupun online dapat disampaikan melalui link http://bit.ly/permohonankelasliterasiopenlib.

Sampai bertemu di kegiatan kelas literasi berikutnya ya!

 


 

 Open Library Koleksi Terbaru, April 2022

Open Library secara berkala terus melakukan pengembangan koleksi melalui pembaharuan dan penambahan koleksi pustaka dengan berbagai judul koleksi terbaru yang sudah bisa diakses baik secara onsite maupun secara online. Kali ini Open Library memberikan highlight buku terbaru yang sudah dapat dinikmati oleh seluruh Civitas Akademik Telkom University.

Judul: The End of Marketing

Pengarang: Carlos Gil 

No Katalog:  22.21.640

Jenis Koleksi: E-book (Buku Elektronik)

Jejaring sosial adalah kebiasaan baru dan pemasaran tradisional menjadi kurang berhasil dalam beradaptasi pada budaya digital yang selalu aktif seperti saat ini. Seluruh para pembisnis di dunia harus dapat beradaptasi agar bisnis mereka tetap relevan di perairan laut digital yang penuh gelombang persaingan. Pada era dimana YouTubers mendapat lebih banyak impresi daripada gabungan merek Nike, Coca-Cola, dan Walmart, pemasaran tradisional seperti yang kita tahu sudah punah.

Buku The End of Marketing merevolusi cara merek, agensi, dan pemasar dalam mendekati pemasaran. Dari bagaimana Donald Trump memenangkan kursi kepresidenan Amerika menggunakan media sosial dan mengapa Kim Kardashian adalah salah satu merek online terbesar di dunia, hingga dampak bot dan otomatisasi, buku ini akan mengajarkan Anda tentang fitur baru dan platform baru yang dapat melibatkan pelanggan dan karyawan .  Temukan ide konten yang berani, dengarkan dari beberapa merek dan pembuat konten terbesar di dunia, dan cari tahu cara membangun strategi berbayar yang lebih cerdas, dijamin akan membantu Anda mendominasi pasar Anda.

The End of Marketing menjelaskan bahwa betapapun mudahnya menjangkau pelanggan potensial, kunci hubungan antara merek dan konsumen tetap membutuhkan sentuhan manusia. Pelajari cara mengembalikan 'sosial' ke media sosial dan mengklaim relevansi merek di dunia di mana algoritme mendominasi, jangkauan organik berkurang, dan konsumen tidak ingin dijual, mereka ingin terlibat.

 

Judul: Detail in Contemporary Bar and Restaurant Design

Pengarang: Drew Plunkett, Olga Reid 

No Katalog:  20.01.492

Jenis Koleksi: Circulation (Buku)

Bar dan restoran harus memiliki dosen yang tegas. Pelanggan cenderung tidak mengunjungi mereka untuk memuaskan selera dasar seperti untuk makanan atau minuman tetapi untuk kesempatan melakukan interaksi sosial. Interior mereka perlu memenuhi imajinasi pelanggan mereka dan membangkitkan selera untuk ingin berkunjung kembali. Buku ini memberikan inspirasi desain yang mampu memberikan formula yang tepat dalam membantu memperpanjang umur bisnis seperti halnya produk yang ditawarkan.

Buku ini mencakup berbagai contoh proyek internasional dan untuk masing-masing proyek ada teks deskriptif, foto berwarna, denah lantai, bagian dan konstruksi, dan detail dekoratif. CD-ROM bonus berisi semua gambar yang dicetak dalam buku, dalam format EPS dan DWG (CAD generik). Buku ini dapat memberikan inspirasi bagi mereka yang ingin memperdalam desain produk, khusunya ruangan/Gedung bisnis restoran. 

 


 

Highlight Layanan Open Library

 

Open Library Assistive Technology Service

Manfaat membaca buku menjadi hal yang pastinya sudah banyak orang yang tahu dan memahami bahwa membaca buku memberikan sejuta manfaat bagi kita semua. Membaca juga merupakan bentuk kegiatan yang luwes karena bisa dijadikan sebagai kegiatan yang mendidik ataupun kegiatan yang menghibur.

Meskipun begitu, terdapat kondisi yang membuat sebagian orang kesulitan dalam melakukan kegiatan membaca, contohnya adalah mereka yang memiliki keterbatasan pada indra penglihatannya (low vision), sehingga orang-orang yang memiliki kondisi mata seperti low vision membutuhkan aplikasi atau alat khusus yang dapat membantu mereka membaca lebih jelas dan efektif.

Melalui layanan Assistive Technology Service, Open Library berupaya untuk memberikan layanan inklusif untuk seluruh Civitas Telkom University dan juga masyarakat umum yang memiliki kesulitan dalam membaca teks bacaan buku.

Gambar Fungsi Aplikasi Read & Write