Sumber Daya Informasi Pendukung Kegiatan Penelitian

27 September 2023 Oleh rikayuliant

Sumber Daya Informasi Pendukung Kegiatan Penelitian

 

Pada saat kita mengerjakan sebuah makalah penelitian ilmiah mengenai suatu topik tertentu, kita memerlukan berbagai jenis informasi yang relevan, seperti: informasi latar belakang mengenai topik tertentu, gambaran umum penelitian terbaru yang lengkap, informasi paten dan standar yang berlaku serta informasi tentang strategi tertentu yang digunakan. Untuk semua jenis informasi tersebut kita memerlukan dokumen yang berbeda yang dapat kita temukan di berbagai sumber. Sumber Informasi dapat berupa Buku atau e-Books, Artikel jurnal dan Makalah konferensi, Paten dan standar, dan Informasi lainnya (Berita, Media Sosial, dan Peta).

Kita dapat memeriksa tabel berikut untuk menentukan jenis informasi dan dimana kita dapat menemukan tempat informasi tersebut tersedia.

Jenis Informasi


Jenis Dokumen

Media

Informasi mengenai latar belakang atau pengantar

Buku (e-Book)

Situs web

WorldCat Discovery (Katalog Perpustakaan)

Google


Informasi ilmiah dan hasil penelitian terbaru

Artikel jurnal

Makalah konferensi

Basis data Artikel:

-Scopus

- Google Scholar

- Database artikel IEEE, ACM, Emerald, etc.


Informasi Teknis

Paten

Standar

Laporan

Basis Data Paten

Google Paten

WorldCat Discovery

 

Opini Publik

Artikel Surat Kabar

Artikel Majalah

 

IEEE Magazine

ACM Magazine

The Economist

Bisnis Indonesia

Pikiran Rakyat, Kompas, Republika

 

Informasi Faktual

Perundang-undangan dan Regulasi

Informasi Pemerintah

Statistik

Database Hukum

Situs web Pemerintah

Statista

 


1. Buku

Informasi latar belakang tentang perkembangan suatu topik selama berabad-abad dapat ditemukan pada buku. Kita dapat menggunakan mesin pencari perpustakaan di bagian katalog atau pencarian pada halaman web Perpustakaan Telkom University (https://openlibrary.telkomuniversity.ac.id/) untuk mencari buku, baik cetak maupun digital, yang dilengkapi dengan informasi pengantar. Kita akan menemukan deskripsi setiap buku, termasuk di mana kita bisa menemukan buku tersebut di perpustakaan.

Situs web perpustakaan Telkom University atau lebih dikenal sebagai Tel-U Open Library dapat diakse pada https://openlibrary.telkomuniversity.ac.id/

Untuk Katalog perpustakaan Telkom University dapat diakses pada https://openlibrary.telkomuniversity.ac.id/home/catalog.html


2. E-books

Perpustakaan menyediakan electronic books (e-books) selain buku sebagai sumber informasi. Pada e-books tersedia teks lengkap yang dapat kita akses secara online, kapan pun pada saat dibutuhkan dan dimana pun, di dalam lingkungan kampus atau dari luar lingkungan kampus. E-books pada perpustakaan Tel-U dapat diakses melalui website perpustakaan dengan menggunakan menu Katalog dan melalui Database e-books. Berikut adalah langkah untuk mengakses koleksi e-books pada perpustakaan Tel-U.

A. Mengakses e-book pada web perpustakaan (https://openlibrary.telkomuniversity.ac.id/home/catalog.html)

1. Masuk pada website perpustakaan https://openlibrary.telkomuniversity.ac.id/ login menggunakan akun SSO Telkom University

2. Pilih menu Katalog. Masukan kata kunci pada kolom pencarian (misal: e-book)

Untuk melakukan pencarian informasi e-book lebih spesifik, kita dapat menggunakan menu Advanced Search, pilih Jenis Koleksi Buku – Elektronik (E-Book) dan masukan kata kunci pencarian (dapat menggunakan Judul, Penulis, atau Penerbit).