Library Newsletter | Tel-U Open Library, February 2020

01 March 2020 Oleh ajengayuning

BOOK REVIEW

 

Judul : CREATIVE TOP SECRET : Ramuan Sukses Bisnis Kreatif Sepanjang Msa

Penulis :Cita Yustisia Sergiyani, R. Sergianto D. Purnomo & Iswi Hariyani

Open Library Catalogue : 18.59.207



Dari buku ini menjelaskan tentang pentingnya kreativitas dan inovasi. Dari sejak zaman purbakala, manusia yang tubuhnya relative rentan justru mampu mengatasi persaingan untuk menjadi pemimpin evolusi makhluk hidup, bukan karena kekuatan tubuhnya namun lebih karena kemampuan otaknya. Dengan bekal kreativitas dan inovasi itulah manusia purba berhasil menciptakan peralatan sederhana untuk menunjang kehidupan sehari-sehari. Jadi semua ini berawal dari kreativitas dan inovasi. Dengan berpikir kreatif dan inovatif, manusia tak lelah untuk menemukan cara-cara baru dalam mengatasi masalah. Manusia kreatif dan inovatif adalah manusia yang tak pernah kehabisan ide yang orisinal, baru dan unik dalam bidang ilmu, pengetahuan seni maupun sastra.

Kreativitas mulai merambah ke dalam sektor perekonomian atau disebut sektor ekonomi kreatif (termasuk industry kreatif) yang diprediksikan menjadi salah satu sektor andalan perekonomian di masa depan setelah era ekonomi pertanian, ekonomi industri dan ekonomi informasi. Ekonomi kreatif bergantung pada sumber daya manusia (SDM) yang kreatif dan inovatif, sehingga terkait dengan Hak atas Kekayaan Intelektual (HAKI). Beberapa sub-sektor ekonomi kreatif dapat dikembangkan menjadi bisnis waralaba (franchise). Potensi ekonomi kreatif di Indonesia cukup besar sehingga mendorong pemerintah membentuk badan khusus setingkat menteri bernama Badan Ekonomi Kreatif yang dipimpin pertama kalinya oleh musisi senior sekaligus pengusaha Triawan Munaf pada awal tahun 2015.

Investasi ekonomi kreatif yang dikupas dalam buku ini meliputi 15 sub-sektor ekonomi kreatif, yaitu periklanan, arsitektur, desain, pasar barang seni, kerajinan, musik, fashion/mode, permainan interaktif, video-film-fotografi, seni pertunjukan, layanan komputer dan piranti lunak, riset dan pengembangan, penerbitan dan percetakan, televisi dan radio, serta kuliner. Buku ini mengajak dan mengenalkan kita tentang aspek normatif, aspek bisnis, petunjuk praktis, tips bijak, hingga kisah-kisah sukses para pelaku ekonomi kreatif. Buku ini sangat cocok dibaca oleh pendidik, mahasiswa, pengusaha, praktisi, pemilik HAKI (pencipta, inovator, pendesain), pelaku waralaba (franchise), pelaku ekonomi kreatif dan masyarakat luas.

 

Di Review oleh : Dadi Ismanto (Kepala Perpustakaan Telkom University)

 


 

 

BOOK RECOMMENDATION

     

20.01.334

BUSINESS

19.01.043

RELIGION

 

18.01.1221

FINANCIAL

 

 

 


 

(17/2) Openlibrary berkomitmen dalam mentransfer ilmu pengetahuan dengan para civitas Telkom University melalui program “kelas literasi”. Melalui program ini, Pustakawan Openlibrary dan Dosen Telkom University berkerja sama dalam meningkatkan pemahaman civitas Telkom University dalam memanfaatkan, mencari, dan mengutip informasi ilmiah, yang nantinya akan mereka gunakan dalam membuat tugas perkuliahan sehari – hari dan Tugas karya ilmiah mereka. Kelas literasi dibagi menjadi tiga modul pembelajaran yaitu, modul penelusuran informasi, modul integritas akademik dan modul management reference tools. Pembelajaran modul tersebut memberikan pengetahuan mengenai bagaimana memanfaatkan informasi dengan benar, bahaya dari plagiarisme dan praktek secara langsung pengoperasian aplikasi management tools Mendeley. Ketiga modul tersebut sudah terintegrasi dengan kurikulum pembelajaran mahasiswa Telkom University, sehingga dengan tepat dapat menunjang pembelajaran seluruh civitas Telkom University baik itu Dosen, Mahasiswa ataupun pegawai administratif.

 

Cara Mengikuti kelas literasi, Silahkan mengirimkan permohonan jadwal dan mencantumkan no. Kontak melalui e-mail library@telkomuniversity.ac.id atau juga bisa melalui website openlibrary.telkomuniversity.ac.id. ke menu pengajuan jadwal kelas literasi.