Open Discussion 3 Konversi Tugas Akhir menjadi buku Nonfiksi

19 June 2024 Oleh mzakyrakhmat Dilihat 1127 kali

Open Discussion 3 Konversi Tugas Akhir menjadi buku Nonfiksi

Open Library kembali mengadakan acara Open Discussion, yang kali ini menjadi Open Discussion ketiga di tahun ini. Tema yang dipilih untuk diskusi kali ini adalah "Konversi Tugas Akhir Menjadi Buku Nonfiksi," yang berfokus pada transformasi karya tulis ilmiah seperti skripsi, tesis, dan karya akhir menjadi buku nonfiksi.

Kegiatan ini berlangsung pada hari Jumat, 14 Juni 2024, dari pukul 09.00 hingga 10.30 WIB, dan diadakan secara daring melalui platform Zoom. Narasumber utama dalam diskusi ini adalah Epik Finilih, seorang General Manager di LSP, yang juga merupakan penulis dan editor profesional.

Acara ini bertujuan untuk memberikan wawasan kepada peserta tentang bagaimana mengembangkan karya ilmiah dari hasil penelitian akademik menjadi buku nonfiksi yang memiliki nilai jual tinggi. Proses pengembangan ini tidak hanya meningkatkan reputasi penulis tetapi juga memberikan kontribusi yang signifikan terhadap pengembangan ilmu pengetahuan.

Open Discussion kali ini dihadiri oleh 60 peserta yang sangat antusias. Mereka aktif mengajukan pertanyaan kritis terkait tema yang dibahas, menunjukkan ketertarikan yang besar terhadap proses penulisan buku nonfiksi dari karya ilmiah. Harapannya, acara ini dapat bermanfaat bagi semua peserta yang tertarik menulis, baik berdasarkan karya ilmiah mereka maupun inspirasi lainnya.

Selain memberikan wawasan praktis tentang konversi karya ilmiah menjadi buku nonfiksi, acara ini juga menyoroti pentingnya strategi penulisan. Epik Finilih membahas berbagai teknik menulis yang efektif dan cara mengubah bab yang ada pada karya ilmiah menjadi buku dengan cara yang sistematis serta lengkap.

Dengan antusiasme yang tinggi dari para peserta, acara ini diharapkan dapat menjadi pendorong bagi lebih banyak mahasiswa untuk dapat mengubah karya ilmiah mereka menjadi buku nonfiksi. Hal ini tidak hanya memperkaya literatur nonfiksi tetapi juga memberikan dampak positif bagi penulis dalam hal pengakuan akademik dan profesional.

 

Penulisa : M. Zaky Rakhmat | Editor: Irma Sari R

Informasi Lainnya