Library Newsletter | Tel-U Open Library, September 2020

01 September 2020 Oleh zaky@openlib

 

The 7th Telkom University Literacy Event : Empowering Society Through Literacy

Untuk memberikan kontribusi positif dan berpartisipasi aktif dalam memperingati hari Literasi Dunia yang dicanangkan UNESCO setiap tgl 8 September dan Hari Kunjung Perpustakaan tanggal 14 September. Telkom University Open Library kembali menyelenggarakan " The 7th Telkom University Literacy Event : Empowering Society Through Literacy” pada tanggal 14-18 September 2020 melalui platform streaming digital.

Acara ini terselenggara atas dasar komitmen penuh Telkom University Openlibrary untuk terus mendukung dan proaktif dalam memajukan literasi di Indonesia. Telkom University Literacy Event pada tahun ini mengambil tema, “Empowering Society Through Literacy”, di masa pandemi ini kita berupaya untuk tetap produktif dan berdaya ditengah keterbatasan yang dihadapi. Maka dari itu semua kegiatan literacy event pada tahun ini, akan dilakukan secara daring melui aplikasi Zoom dan Youtube Live, agar acara The 7th Telkom University Literacy Event : Empowering Society Through Literacy  dapat menjangkau khalayak luas, ditengah keterbatasan akibat pandemic covid-19.

            Pada tahun ini Literacy Event akan dilaksanakan selama 5 hari, dari tanggal 14-18 September 2020.

Acara hari Senin, tanggal 14 September 2020.

 

Hari pertama rangkaian acara “The 7th Telkom University Literacy Event : Empowering Society Through Literacy”, Pukul 08.30-10.00 WIB pagi hari. Acara dibuka oleh pemaparan mengenai pentingnya kemampuan literasi bagi bangsa Indonesia, oleh para narasumber yang merupakan tokoh penggiat literasi di Indonesia, mereka adalah:

1.Muhammad Syarif Bando, (Kepala Perpustakaan Nasional Republik Indonesia),
2.Atalia Praratya Kamil, (Bunda Literasi Jawa Barat),
3.Utami B.R. Hariyadi, (Ketua II Pengurus Pusat Ikatan Pustakawan Indonesia),
4.Tulus Wulan Juni, (Pustakawan Berprestasi Nasional Dinas Perpustakaan Kota Makasar),
5.Kusairi, (Pustakawan Berprestasi Nasional Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Pamekasan).

Selanjutnya dilanjutkan dengan acara kedua pada pukul 10.30-12.00 yaitu The 7th Telkom University Literacy Event : Empowering Society Through Literacy, dengan bangga mempersembahkan acara “Sociopreneur Talks : The Business of Waste Management” Bersama  narasumber: Rendy Aditya Wachid (Founder dari parongpong recycle center). Merupakan webinar mengenai penciptaan bisnis yang bergerak pada pengelolaan sampah yang dapat bernilai secara ekonomi, sehat bagi masyarakat dan aman bagi lingkungan serta dapat mengubah perilaku masyarakat menjadi lebih cinta terhadap lingkungan.

Penutup pada rangkaian acara pada hari pertama adalah acara “Children’s Literacy Movement Initiative. bersama narasumber, Puti Ceniza, (Director Pustakalana Children’s Library Bandung @Pustakalanalibrary) dan Sabrina E. Sarmili (Coordinator of Library Development and Program Expansion, ProVisi Education). Webinar kali ini mengambil tema “literasi anak” bagaimana kita semua dapat berperan menjadi pegiat literasi anak dan mampu menjalani berbagai kegiatan sebagai upaya meningkatkan literasi untuk anak. Dengan dukungan teknologi dalam mengakses buku pada pelantar daring yang dapat diakses oleh anak dan orang tua dimana saja dan kapan saja.

 

Acara hari Selasa, tanggal 15 September 2020.


 

Pada hari kedua acara The 7th Telkom University Literacy Event : Empowering Society Through Literacy, dibuka oleh acara webinar “Let's Connect & Collaborate' : Library Collaboration Mapping ” Bersama Bersama narasumber: Dr. Dwi Indra Purnomo (Founder dari The Local Enablers), Dr. Oom Nurrohmah (Ketua Ikatan Pustakawan Indonesia Jabar), Rika Yuliant, M.Ikom. (Pustakawan Telkom University Openlibrary). Acara pembuka pada hari kedua ini memberikan pemaparan bagaimana profesi pustakawan dapat memetakan bentuk kolaborasi dengan berbagai unsur penggerak seperti Pemerintah, Komunitas, Akademisi, Industri dan Media, yang nantinya dapat dimanfaatkan oleh pustakawan dalam memberikan peran dalam memajukan literasi bangsa Indonesia.

Acara kedua adalah webinar “'Tracking SDGs in Research and Practice': What Can I Do? What Can We All Do? ” Bersama dengan narasumber: Billy Mambrasar National (SDGs Ambassador dan Staf Khusus Kepresidenan), Ratna L. Lubis, (Dosen Telkom University dan En-ROADS Climate Ambassador). Sustainable Development Goals (SDGs) merupakan rencana aksi global yang disepakati oleh negara anggota PBB terkait 17 isu, kemiskinan, kesetaraan gender, Pendidikan, dll. Karena itu Pembahasan mengenai isu-isu dan lesson learned yang telah dilaksanakan oleh pemerintah dan maupun akademisi dalam pencapaian SDGs 2030, menjadi isu yang open library anggap menarik untuk dibahas.

Acara terakhir untuk hari kedua adalah acara “ The Healing Power Of Journaling ”, Bersama narasumber:  Dr. Imelda Ika Dian Oriza, S.Psi., M. Psi (Psikolog dan Dosen Universitas Indonesia), Jusmaidi Sahriadi, SE (Trainer, Influencer, Penulis). Webinar ini membahas mengenai menulis sebagai salah satu media Self Healing yang dapat membantu kita melihat dan merasakan kembali apa yang kita miliki atau yang sudah tidak bias kita miliki, sehingga dapat membuat kita maju dari keadaan yang tidak selalu nyaman menjadi dapat dijalani dan mengubah keadaan menjadi lebih baik.

 

Acara hari Rabu, tanggal 16 September 2020.