Aturan Umum Tugas Akhir Sebagai Penelitian dan Publikasi di Lingkungan Universitas Telkom

02 June 2022 Oleh yudhinugrohoadi

Dalam rangka melaksanakan ketentuan Pasal 46 Ayat (2) Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi, bahwa hasil penelitian wajib disebarluaskan dengan cara diseminarkan, dipublikasikan, dan atau dipatenkan oleh Perguruan Tinggi, kecuali hasil penelitian yang bersifat rahasia, mengganggu, dan atau membahayakan kepentingan umum.

Menindaklanjuti hal tersebut, Universitas Telkom memberikan pedoman penyelenggaraan tugas akhir dan publikasi melalui Surat Keputusan Wakil Rektor Bidang Akademik Nomor : KWR1.141/AKD26/AKD-PUS/2022 tentang Aturan Umum Tugas Akhir Sebagai Penelitian dan Publikasi di Lingkungan Universitas Telkom. Surat Keputusan dapat diunduh pada link Aturan Umum Tugas Akhir

 

Eproceeding Telkom University Open Library

eProceeding Telkom University Open Library merupakan media publikasi untuk artikel (ringkasan) tugas akhir dan karya akhir mahasiswa pada program studi Diploma, S1 Terapan dan S1 yang sudah memenuhi kaidah dan metode ilmiah yang sistematis sesuai dengan otonomi keilmuan dan budaya akademik di Telkom University.

Artikel yang dipublikasikan melalui eProceeding Telkom University Open Library sudah melalui proses review dan approval dari dosen pembimbing tugas akhir dan karya akhir, dan sudah terbebas dari unsur plagiarisme.

eProceeding Telkom University Open Library terdiri dari 4 media publikasi ber ISSN yang disesuaikan dengan bidang keilmuan di Telkom University yaitu bidang keilmuan Management, Engineering, Applied Science serta Art and Design dan diterbitkan enam kali dalam satu tahun yaitu pada bulan Februari, April, Juni, Agustus, Oktober dan Desember.

Sebagai upaya meningkatkan pengelolaan tugas akhir dan karya akhir, artikel yang akan dipublikasikan melalui eProceeding Telkom University Open Library wajib menggunakan template artikel sesuai dengan bidang keilmuan, sebagai berikut:

1. Bidang keilmuan pada Fakultas Teknik Elektro, Informatika dan Teknik Industri 

TEMPLATE JURNAL E-PROC ENGINEERING

2. Bidang keilmuan pada Fakultas Ekonomi Bisnis dan Komunikasi Bisnis 

TEMPLATE JURNAL E-PROC MANAGEMENT

3. Bidang keilmuan pada Fakultas Ilmu Terapan 

TEMPLATE JURNAL E-PROC APPLIED SCIENCE

4. Bidang  keilmuan pada Fakultas Industri Kreatif 

TEMPLATE JURNAL E-PROC ART & DESIGN

 


Informasi Lainnya