PERANCANGAN MODEL BISNIS UMKM KERAJINAN BATIK MENGGUNAKAN ALAT PETA EMPATI DI MASA PANDEMI COVID-19 (STUDI KASUS PADA SUKAKU BATIK) - Dalam bentuk buku karya ilmiah

AYU DIAN HARDIYANTI

Informasi Dasar

1 kali
24.04.3051
338.04
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Adanya pandemi Covid-19 yang hampir menyebar di seluruh negara di dunia ini mengakibatkan terjadinya perubahan yang secara tiba-tiba dan tidak terencana yang memberikan dampak pada berbagai bidang usaha termasuk Usaha Mikro Kecil dan Menengah. Sukaku Batik yang menjadi objek penelitian ini juga merasakan adanya dampak dari pandemi tersebut yaitu mengalami penurunan pendapatan. Hal ini menunjukkan bahwa Covid-19 dapat mengubah perilaku konsumen. Adanya perubahan situasi serta perubahan perilaku konsumen, maka dibutuhkan suatu model bisnis baru yang dapat diimplementasikan di kondisi seperti saat pandemi Covid-19.
Dengan demikian penelitian ini bertujuan untuk mendesain suatu model bisnis baru dengan menggunakan bantuan alat peta empati. yang mana alat ini dapat digunakan untuk lebih memahami secara mendalam keinginan konsumen. agar produk Sukaku batik bisa tetap menjadi minat konsumen.
Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah menggunakan metode kualitatif deskriptif  jenis studi kasus, dilakukan dengan melakukan wawancara kepada kepada konsumen Sukaku Batik dengan segmen yang sejenis. Hasil dari wawancara yang telah dilakukan akan dilakukan analisis dan digunakan untuk membuat rancangan Peta Empati Campuran dan informasi yang berasal dari Peta Empati tersebut akan digunakan untuk medesain model bisnis untuk Sukaku Batik.
Hasil dari Peta Empati ini akan mengisi ke area-area sebelah kanan dari Bisnis Model Kanvas dan beberapa informasinya bisa digunakan dan dapat membantu untuk mendesain jawaban untuk blok-blok lainnya. Berdasarkan hasi penelitian, dapat ditarik kesimpulan bahwa customer segment dari Sukaku Batik merupakan segmen sejenis yaitu segmen pegawai yang menginginkan dan membutuhkan kain batik dan pakaian batik yang mempunyai motif menarik yang unik, warna batik yang awet, yang terbuat dari bahan terbaik dan nyaman saat dipakai.
Kata kunci : Model Bisnis, Peta Empati, Bisnis Model Kanvas
 

Subjek

1 ENTREPRENEURSHIP
 

Katalog

PERANCANGAN MODEL BISNIS UMKM KERAJINAN BATIK MENGGUNAKAN ALAT PETA EMPATI DI MASA PANDEMI COVID-19 (STUDI KASUS PADA SUKAKU BATIK) - Dalam bentuk buku karya ilmiah
 
xi,113p.:il,; pdf file
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

AYU DIAN HARDIYANTI
Perorangan
Kristina Sisilia
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Administrasi Bisnis
Bandung
2024

Koleksi

Kompetensi

  • DUH2A2 - KEWIRAUSAHAAN
  • BAH3F3 - KEWIRAUSAHAAN LANJUTAN
  • KBI4D3 - STRATEGI KEWIRAUSAHAAN

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini