ANALISIS KEPRIBADIAN BRAND AMBASSADOR PERUSAHAAN BERDASARKAN AKTIVITAS MEDIA SOSIAL MENGGUNAKAN PENDEKATAN MODEL ONTOLOGI (Studi Kasus: Brand Ambassador Tokopedia)

RAFA SYAFIQ BASTIKARANA

Informasi Dasar

20.04.1246
658.8
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Pertumbuhan persaingan pasar e-commerce di Indonesia sangat pesat, terbukti melalui data, tercatat penjualan online di Indonesia mencapai US$1,1 miliar, dengan peningkatan sebesar 500 persen dalam kurun waktu empat tahun terakhir. Salah satu pemain utama dalam persaingan e-commerce di Indonesia adalah Tokopedia. Hingga akhir kuartal I 2019, Tokopedia berada di posisi teratas sebagai platform belanja online dengan jumlah pengunjung aktif bulanan tertinggi. Untuk mempertahankan keunggulan milik Tokopedia, salah satu cara yang dilakukan adalah mengeluarkan strategi Tokopedia By Me. Strategi Tokopedia By Me merupakan salah satu strategi kampanye Tokopedia untuk bekerja sama dengan orang-orang yang berpengaruh di media sosial, sebagai wajah dari perusahaan atau dikenal dengan brand ambassador. Sejak meluncurkan kampanye Tokopedia By Me pada April 2019, Tokopedia mengalami peningkatan dari segi jumlah transaksi. Pada akhir quartal ke dua tahun 2019, Tokopedia memiliki jumlah transaksi senilai 18.5 Triliun Rupiah, dan mengalami peningkatan besar senilai 14 triliun rupiah pada akhir kuartal ketiga 2019. Brand ambassador yang baik dapat menyampaikan pesan yang berusaha disampaikan oleh perusahaan kepada konsumen, baik melalui kata-kata, perilaku ataupun kegiatan lainnya. Dengan alasan tersebut diperlukan suatu landasan untuk memilih brand ambassador yang sesuai dengan kebutuhan konsumen, salah satunya adalah dengan melakukan pengukuran kepribadian. Penelitian kali ini melakukan pengukuran kepribadian kepada brand ambassador Tokopedia untuk mengetahui tipe kepribadian brand ambassador berdasarkan aktivitas media sosial menggunakan model ontologi berlandaskan teori Big Five Personality. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa brand ambassador Tokopedia memiliki kepribadian Openness, Agreeableness, dan Extraversion. Kecenderungan kepribadian yang dimiliki oleh brand ambassador dapat dianalisis untuk mengetahui cara brand ambassador tersebut dalam melakukan melakukan pendekatan dan penyampaian pesan terhadap konsumen.

Kata Kunci : Tokopedia, Brand ambassador, Pengukuran kepribadian, Ontologi.

Subjek

Marketing - analysis
 

Katalog

ANALISIS KEPRIBADIAN BRAND AMBASSADOR PERUSAHAAN BERDASARKAN AKTIVITAS MEDIA SOSIAL MENGGUNAKAN PENDEKATAN MODEL ONTOLOGI (Studi Kasus: Brand Ambassador Tokopedia)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

RAFA SYAFIQ BASTIKARANA
Perorangan
ANDRY AMNESTI, SRI WIDIYANESTI
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Manajemen ( Manajemen Bisnis Telekomunikasi & Informatika )
Bandung
2020

Koleksi

Kompetensi

  • BM63A3 - BIG DATA DAN DATA ANALITIK
  • BM62B4 - MANAJEMEN PEMASARAN
  • EBI2H4 - MANAJEMEN PEMASARAN

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini