ANALISIS JARINGAN TEKS BERDASARKAN SOCIAL NETWORK ANALYSIS DAN TEXT MINING UNTUK BUSINESS INTELLIGENCE MENGGUNAKAN ASSOCIATION RULES (Studi Kasus Percakapan Twitter PT.Telkomsel dan PT. XL Axiata Tbk.)

FERIZA JULIAN PUTRA

Informasi Dasar

16.04.495
006.754
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Di era globalisasi saat ini, internet menjadi suatu kebutuhan penting yang tidak dapat dipisahkan. Internet menjadi bagian penting pendukung yang mempermudah manusia dalam menjalani kegiatan sehari harinya. Internet juga mengubah pola komunikasi yang selama ini berjalan. Ini ditandai dengan mulai bermunculan berbagai macam jenis social media. Media sosial saat ini secara tidak langsung mempengaruhi budaya dan kebiasaan masyarakat. Media sosial memiliki keunggulan tersendiri, yaitu feedback secara terbuka, saling berkomentar dalam waktu cepat dan tidak terbatas. Melihat kondisi tersebut, banyak perusahaan yang memanfaatkanya sebagai media promosi yang dirasa lebih efektif dan efisien dibandingkan dengan media konvensional. Dengan memanfaatkan percakapan medai sosial, perusaaan dapat mengetahui tren apa yang sedang dibicarakan oleh pelangganya. Penggunaan metode SNA dan Text Mining diterapkan agar kata-kata dominan dan asosiasi kata dapat dijadikan fokus utama dalam penelitian ini. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Big Data, Social Media, Data Mining, Text Mining,Social Network Analysis,Association Rules,Business Intelligence. Data pada percakapan yang terjadi di media sosial twitter diawali dengan Pre-Processing data dengan mengambil data dari Twitter dengan keyword Telkomsel dan XL. selanjutnya mengaplikasikan Text Mining untuk mengekstraksi. Selanjutnya penulis menggunakan Wordcloud untuk untuk mencari kata-kata dominan dan menerapkan assosiasi kata dari wordcloud tadi. Langkah terakhir adalah memvisualisasikan data agar diketahui pola, tren dan model serta dapat diambil kesimpulan dan rekomendasi untuk pemecahan masalah.

Subjek

ONLINE SOCIAL NETWORKS
 

Katalog

ANALISIS JARINGAN TEKS BERDASARKAN SOCIAL NETWORK ANALYSIS DAN TEXT MINING UNTUK BUSINESS INTELLIGENCE MENGGUNAKAN ASSOCIATION RULES (Studi Kasus Percakapan Twitter PT.Telkomsel dan PT. XL Axiata Tbk.)
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

FERIZA JULIAN PUTRA
Perorangan
Andry Alamsyah
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2016

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini