ANALISIS PENGGUNAAN MOBILE BANKING DAN FAKTOR LAINNYA TERHADAP PRODUKTIVITAS PERBANKAN DI INDONESIA DENGAN PENDEKATAN MALMQUIST PRODUCTIVITY INDEX (MPI) - Dalam bentuk buku karya ilmiah

YOHANA MARNALA MARPAUNG

Informasi Dasar

15 kali
24.04.4738
657.833
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Meningkatnya penggunaan teknologi telah memberikan dampak yang besar pada banyak industri, termasuk bisnis perbankan. Model bisnis baru dan sumber pengembangan ekonomi, khususnya di sektor perbankan dan keuangan, tengah dihadirkan oleh kemajuan teknologi di era digital ini, yang mampu meningkatkan efisiensi dan produktivitas ekonomi yang tengah berkembang. Inovasi baru dalam fintech (teknologi keuangan) telah membuat perbankan menjadi jauh lebih mudah.
Dengan menggunakan Malmquist Productivity Index (MPI), penelitian ini bertujuan untuk menilai efisiensi sembilan bank tradisional Indonesia yang menyediakan layanan mobile banking. Untuk analisis ini, penulis menggunakan variabel-variabel berikut: Non-Perfoarming Loan (NPL), CARital Adequacy Ratio (CAR), Total asset (TA), 3rd Party Total Payments (PA), Market share of mobile transactin (PH), Gross Domestic Product (GDP), dan M2 Change Rate (MS). Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif untuk memeriksa informasi yang termasuk dalam laporan tahunan bank.
Produktivitas bank terbukti tidak terpengaruh oleh faktor-faktor independen termasuk Non-Perfoarming Loan (NPL), CARital Adequacy Ratio (CAR), Total asset (TA), 3rd Party Total Payments (PA), Market share of mobile transactin (PH). Variabel Gross Domestic Product (GDP), dan M2 Change Rate (MS) menunjukkan teknologi fintech, yang memiliki dampak substansial terhadap peningkatan produktivitas perbankan di Indonesia. Menurut temuan studi tersebut, teknologi memegang peranan penting dalam meningkatkan produktivitas perbankan, sebagaimana terlihat dari adopsi fintech sebagai persentase PDB dan M2. Sektor perbankan dapat memanfaatkan informasi baru ini untuk keuntungan mereka dengan lebih menekankan pada inovasi teknologi untuk meningkatkan efisiensi dan pembangunan jangka panjang.
 
Kata kunci: perbankan, fintech, produktivitas, Malmquist Productivity Index

Subjek

BANK
 

Katalog

ANALISIS PENGGUNAAN MOBILE BANKING DAN FAKTOR LAINNYA TERHADAP PRODUKTIVITAS PERBANKAN DI INDONESIA DENGAN PENDEKATAN MALMQUIST PRODUCTIVITY INDEX (MPI) - Dalam bentuk buku karya ilmiah
 
xii,91p.:il,;pdf file
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

YOHANA MARNALA MARPAUNG
Perorangan
Fajra Octrina
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Manajemen (Manajemen Bisnis Telekomunikasi & Informatika)
Bandung
2024

Koleksi

Kompetensi

  • SM331072 - BANK DAN LEMBAGA KEUANGAN
  • BM64E4 - PRODUKTIVITAS DENGAN APLIKASI

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini