Analisis Efektivitas Penggunaan Meta Ads Pada UMKM Typclboii Apparel Tahun 2024 - Dalam bentuk buku karya ilmiah

MUHAMAD FAHMI HASBI RAPIUDIN

Informasi Dasar

4 kali
24.06.289
658.8
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

Pada era internet 4.0 seperti sekarang penggunaan internet hampir mempengaruhi segala aspek baik pada sosial budaya, hukum dan ekonomi. Pada aspek bisnis banyak perusahaan yang menggunakan internet sebagai alat bantu untuk memudahkan kegiatan baik dari sisi produsen maupun konsumen. Perkembangan internet juga mempengaruhi bagaimana cara orang berkomunikasi contohnya pada penggunaan media sosial pada saat ini sangatlah masif dapat dilihat dari waktu yang dihabiskan oleh pengguna sosial media yang cukup tinggi. Menurut GoodStats,2023 rata-rata waktu layar atau screentime masyarakat Indonesia menjadi salah satu yang tertinggi di dunia. Instagram yang tergabung dalam Meta group Facebook sebagai salah satu sosial media yang paling digunakan di Indonesia dengan pengguna aktif pada tahun 2023 mencapai 103,3 Juta (GoodStats). Hal tersebut juga mendorong perusahaan UMKM Typclboii untuk melakukan kegiatan promosi atau menjalankan iklan pada Platform Instagram mengingat platform tersebut memiliki jumlah pengguna yang masif dan juga screentime yang tinggi. Kegiatan beriklan tidak serta merta dibiarkan berjalan begitu saja, Diperlukannya kegiatan monitoring dan evaluasi agar iklan yang dijalankan dapat mencapai hasil yang diinginkan dengan efektivitas yang tinggi.

Penelitian ini bertujuan untuk melihat tingkat keefektivitasan meta ads Instagram yang dilakukan oleh perusahaan fashion asal Bandung yaitu Typclboii, Dengan pendekatan kualitatif deskriptif dan metode triangulasi yaitu dilakukan dengan cara melakukan menganalisa hasil iklan yang telah dijalankan dan juga melakukan wawancara dengan 1 Internal Perusahaan dan 2 Pelanggan untuk menguatkan data dan fakta yang diperoleh, tingkat keefektivitasan Meta ads pada perusahaan dapat dilihat berdasarkan metrik atau ukuran yang telah ditentukan seperti Awareness, Appeal, Ask, Action, Advocate dan Return On Ads Spend (ROAS).

Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan mengenai penggunaan Meta Ads Instagram pada UMKM Typclboii dapat dikatakan bahwa iklan yang dijalankan efektif berdasarkan metrik Funneling dengan Conversion Rate sebesar 1,05%  dan Return On Ads Spend sebesar 11,185. Hasil tersebut membuktikan bahwa efektivitas iklan yang dijalankan perusahaan telah berhasil untuk mencapai tingkat keefektivitasan yang baik.
 
Kata Kunci : Meta Ads, Social Media Marketing, Marketing, Iklan
 

Subjek

SOCIAL MEDIA MARKETING
 

Katalog

Analisis Efektivitas Penggunaan Meta Ads Pada UMKM Typclboii Apparel Tahun 2024 - Dalam bentuk buku karya ilmiah
 
xiii. 58p.: il.; pdf file
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MUHAMAD FAHMI HASBI RAPIUDIN
Perorangan
Riska Aprilina
 

Penerbit

Universitas Telkom, D3 Manajemen Pemasaran
Bandung
2024

Koleksi

Kompetensi

  • VPI3H4 - PROYEK AKHIR

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini