Pengaruh Investment Opportunity Set, Pertumbuhan Laba, dan Ukuran Perusahaan terhadap Kualitas laba (studi empiris pada perusahaan sub sektor Makanan dan Minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2020-2022) - Dalam bentuk buku karya ilmiah

VEGA NURUL AGASHI ZULKARNAIN

Informasi Dasar

13 kali
24.04.2668
000
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Kualitas laba adalah ukuran sejauh mana keuntungan dapat diperoleh secara konsisten dan dapat menunjukkan kinerja keuangan perusahaan yang sebenarnya. Para investor, calon investor, analisis keuangan, dan pengguna informasi keuangan lainnya harus memiliki pemahaman yang kuat tentang kualitas laba yang sebenarnya.  Informasi laba yang baik dapat menunjukkan pengelolaan sumber daya yang baik, yang nantinya dapat membuat para investor dan kreditor percaya untuk berinvestasi pada perusahaan. Oleh karena itu, informasi laba harus menjelaskan kondisi perusahaan secara keseluruhan. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi kualitas laba yaitu Investment opportunity set, pertumbuhan laba, dan ukuran perusahaan.
            Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh Investment opportunity set, pertumbuhan laba, dan ukuran perusahaan terhadap kualitas laba pada perusahaan sub sektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2020-2022 baik secara simultan maupun parsial.
            Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Perusahaan sub sektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2020-2022 menjadi populasi dalam penelitian ini. Terdapat 25 perusahaan yang dijadikan sampel penelitian ini melalui metode sampling purposive. Pada penelitian ini, analisis regresi data panel digunakan sebagai metode analisis data dan menggunakan software eviews 12.
            Hasil penelitian menunjukkan bahwa Investment opportunity set, pertumbuhan laba, dan ukuran perusahaan berpengaruh secara simultan terhadap kualitas laba. Secara parsial, pertumbuhan laba dan ukuran kerusahaan berpengaruh terhadap kualitas laba, sedangkan Investment opportunity set tidak berpengaruh terhadap kualitas laba.
            Bersumber pada hasil penelitian, peneliti berharap agar penelitian ini dapat menjadi rujukan yang baik dan dapat diteliti kembali menggunakan variabel independen lain yang bisa menjelaskan kualitas laba dan diteliti kembali dengan rentang waktu terbaru. Bagi perusahaan disarankan dapat memperhatikan pertumbuhan laba dan ukuran perusahaan karena hal tersebut dapat mempengaruhi laba yang berkualitas.
 
Kata kunci: Investment opportunity set, Kualitas Laba, Pertumbuhan Laba, Ukuran Perusahaan.
 

Subjek

ACCOUNTING
 

Katalog

Pengaruh Investment Opportunity Set, Pertumbuhan Laba, dan Ukuran Perusahaan terhadap Kualitas laba (studi empiris pada perusahaan sub sektor Makanan dan Minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2020-2022) - Dalam bentuk buku karya ilmiah
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

VEGA NURUL AGASHI ZULKARNAIN
Perorangan
Tri Utami Lestari
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Akuntansi
Bandung
2024

Koleksi

Kompetensi

  • EAI3123 - ANALISIS LAPORAN KEUANGAN
  • EAI3103 - INVESTMENT
  • EAI4284 - SKRIPSI

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini