PERANCANGAN PROGRAM PELATIHAN KARYAWAN SALES PT XYZ SURABAYA MENGGUNAKAN FRAMEWORK ADDIE - Dalam bentuk buku karya ilmiah

FELIX AGUNG HEVANDA

Informasi Dasar

18 kali
24.04.2252
658.407 124
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

PT XYZ Surabaya merupakan laboratorium untuk ruang lingkup uji analisis produk hasil rekayasa genetika atau lebih dikenal sebagai transgenik atau GMO. Dalam kurun waktu 2022, pencapaian penjualan karyawan sales PT XYZ hanya sebesar 85% yang dimana jauh dari target perusahaan. Terdapat beberapa hal yang melatarbelakangi permasalahan tersebut, yaitu karena keterampilan yang dimiliki oleh karyawan masih kurang dan tidak adanya pelatihan guna memenuhi persyaratan kerja. Sejauh ini, Sejauh ini juga belum ada kebijakan perusahaan untuk melakukan pengembangan SDM terutama pada divisi sales. Berdasarkan hasil analisis gap menggunakan training need analysis didapatkan bahwa gap keahlian yang bernilai >1 yaitu keahlian creativity dengan gap sebesar 1.3.

Berdasarkan permasalahan, perolehan data, dan alternatif solusi, maka penelitian ini bertujuan untuk merancang kebutuhan pelatihan dan program pelatihan karyawan sales PT XYZ Surabaya guna meningkatkan keahlian sales. Framework yang digunakan untuk perancangan ini yaitu framework ADDIE (analyze, design, develop, implement, evaluate). Proses perancangan dimulai dengan tahap analyze yaitu melakukan validasi kebutuhan pelatihan, menetapkan tujuan instruksional, konfirmasi audiens dan mengidentifikasi sumber daya yang dibutuhkan yaitu sumber daya konten, sumber daya teknologi, sumber daya fasilitas, dan sumber daya manusia. Selanjutnya masuk ke tahap design dimana pada tahap ini dilakukan penyusunan tujuan kinerja dan menetapkan strategi pengujian menggunakan metode off the job training yang terdiri atas case studies dan lecturing dengan strategi uji berupa post test dan tes praktik.

Hasil perancangan ini berupa sebuah modul pelatihan yang digunakan untuk mengembangkan keahlian creativity yang dirancang menggunakan framework ADDIE. Hasil perancangan terverifikasi berdasarkan perbandingannya dengan spesifikasi perancangan. Implikasi kepala operasional menunjukkan hasil bahwa rancangan sesuai dengan kebutuhan karena tervalidasi berdasarkan pemenuhan dari aspek target kinerja dan management requierements..  Perancangan program pelatihan ini dapat memberikan manfaat terhadap objek penelitian guna merancang program pelatihan karyawan sales PT XYZ Surabaya secara sistematis dan terstruktur. Guna mengukur efektifitas dan pengaruh pelatihan terhadap kinerja karyawan, maka dilakukan evaluasi menggunakan Model Kirkpatrick.

Subjek

HUMAN CAPITAL
 

Katalog

PERANCANGAN PROGRAM PELATIHAN KARYAWAN SALES PT XYZ SURABAYA MENGGUNAKAN FRAMEWORK ADDIE - Dalam bentuk buku karya ilmiah
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

FELIX AGUNG HEVANDA
Perorangan
Fida Nirmala Nugraha, Christanto Triwibisono
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Industri
Bandung
2024

Koleksi

Kompetensi

  • IEI453 - PENGEMBANGAN ORGANISASI
  • IEI5L3 - SISTEM MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA
  • IEH4HB3 - STRATEGI DAN PERENCANAAN SUMBERDAYA MANUSIA

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini