PENGARUH ENVIRONMENTAL, SOCIAL AND GOVERNANCE (ESG) DISCLOSURE, SALES GROWTH, INTELLECTUAL CAPITAL, COST LEADERSHIP, DAN WORKING CAPITAL TURNOVER TERHADAP KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN (Studi Kasus pada Perusahaan Publik Non-Keuangan yang Terindeks SRI-KEHA

ANANDITA SALSABILA DIVA SUHENDAR

Informasi Dasar

8 kali
24.04.1920
000
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Tujuan perusahaan adalah untuk menghasilkan laba optimal, agar dapat memberikan value kepada pemegang saham maupun kepada pihak yang berkepentingan serta menjaga kelangsungan usahanya yang digambarkan melalui kinerja keuangan. Namun demikian, masih dijumpai beberapa perusahaan non-keuangan yang Terindeks SRI-KEHATI tidak berkinerja baik dan berpotensi terjadi risiko terhadap kelangsungan usaha perusahaan.
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh environmental, social, and governance disclosure, sales growth, intellectual capital, cost leadership, dan working capital turnover terhadap kinerja keuangan perusahaan secara simultan maupun parsial.
Objek penelitian ini adalah perusahaan non-keuangan yang Terindeks SRI-KEHATI periode 2018-2022. Teknik sampling dengan purposive sampling dan diperoleh 10 perusahaan atau 50 data observasi. Metode analisis data menggunakan analisis regresi data panel dengan software Eviews 12. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel environmental, social, and governance (ESG) disclosure, sales growth, intellectual capital, cost leadership, dan working capital turnover berpengaruh secara simultan terhadap kinerja keuangan perusahaan. Secara parsial terdapat tiga variabel yang berpengaruh positif terhadap kinerja keuangan perusahaan yaitu environmental, social, and governance disclosure, sales growth, dan cost leadership.
Keterbatasan penelitian ini ditunjukkan dengan nilai adjusted R square senilai 21,44%. Masih terdapat beberapa faktor lain yang dapat digali yang dapat mempengaruhi kinerja keuangan perusahaan. Untuk penelitian selanjutnya dapat menggunakan variabel Dividend Policy, Corporate Social Responsibillity (CSR), Green Accounting, dan variabel lainnya atau variabel yang berpengaruh pada penelitian ini. Saran bagi perusahaan yaitu bagi yang nilai sales growth negatif, perlu meningkatkan strategi penjualan di tahun selanjutnya agar penjualannya tumbuh dan bagi yang nilai working capital turnover negatif, perlu memperhatikan efisiensi aktivitas operasi, dan saran untuk investor agar dapat memanfaatkan hasil penelitian ini menjadi salah satu informasi dalam pengambilan keputusan berinvestasi.
Kata Kunci: cost leadership, environmental, social, and governance disclosure, intellectual capital, kinerja keuangan, sales growth, working capital turnover.
 

Subjek

ACCOUNTING AND FINANCE
 

Katalog

PENGARUH ENVIRONMENTAL, SOCIAL AND GOVERNANCE (ESG) DISCLOSURE, SALES GROWTH, INTELLECTUAL CAPITAL, COST LEADERSHIP, DAN WORKING CAPITAL TURNOVER TERHADAP KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN (Studi Kasus pada Perusahaan Publik Non-Keuangan yang Terindeks SRI-KEHA
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ANANDITA SALSABILA DIVA SUHENDAR
Perorangan
Majidah
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Akuntansi
Bandung
2024

Koleksi

Kompetensi

  • SA331052 - GOOD CORPORATE GOVERNANCE

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini