ANALISIS HUBUNGAN PERUBAHAN HARGA SAHAM DAN SENTIMEN MASYARAKAT TERHADAP PERUSAHAAN GRAB MENGGUNAKAN ALGORITMA SUPPORT VECTOR MACHINE (SVM)

KANZA AZZAHRA

Informasi Dasar

32 kali
23.04.6953
518.1
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal II Tahun 2022 cukup mengesankan, mencapai angka 5,4%. Namun, pada kuartal IV Tahun 2022, proyeksi pertumbuhan ekonomi Indonesia diperkirakan mengalami penurunan yang signifikan dibandingkan dengan dua kuartal sebelumnya. Penurunan ekonomi ini dipengaruhi oleh perubahan harga saham, termasuk salah satunya saham Grab. sehingga, diperlukan analisis sentimen untuk memahami hubungan antara perubahan harga saham dengan sentimen masyrakat di media sosial Twitter terkait perusahaan Grab. Metode klasifikasi Support Vector Machine (SVM) digunakan dalam analisis ini. Komentar yang di evaluasi akan diklasifikasikan sebagai komentar positif atau negatif. Proses klasifikasi meliputi tahap preprocessing data, pembobotan TF-IDF, dan implementasi algoritma Support Vector Machine, termasuk penanganan ketidakseimbangan data. Pembagian data dilakukan dengan perbandingan 70% data training dan 30% data testing. Evaluasi performa model klasifikasi Support Vector Machine menghasilkan accuracy sebesar 87%, precision 90%, recall 91%, dan f1-score 91%. Analisis korelasi antara saham dan komentar menggunakan uji Lambda menunjukkan p-value sebesar 0,562 dengan koefisien korelasi sebesar 0,045. Hasilnya menunjukkan bahwa tidak terdapat hubungan yang signifikan antara perubahan harga saham dan sentimen masyarakat. 

Kata kunci : Grab, Klasifikasi Support Vector Machine, Analisis Sentimen, Analisis Korelasi, Uji Lambda

Subjek

TUGAS AKHIR
 

Katalog

ANALISIS HUBUNGAN PERUBAHAN HARGA SAHAM DAN SENTIMEN MASYARAKAT TERHADAP PERUSAHAAN GRAB MENGGUNAKAN ALGORITMA SUPPORT VECTOR MACHINE (SVM)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

KANZA AZZAHRA
Perorangan
Dita Pramesti, Hanif Fakhrurroja
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Sistem Informasi
Bandung
2023

Koleksi

Kompetensi

  • ISI4G3 - PENAMBANGAN DATA

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini