PERANCANGAN OBJEK WALL PADA PERMAINAN LABIRIN MENGGUNAKAN ALGORITMA CELLULAR AUTOMATA

FURQAN MALEM

Informasi Dasar

53 kali
23.04.2612
005.117
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Abstrak

Game bisa menjadi sarana pembelajaran yang sangat bagus untuk siswa taman kanak-kanak mengingat di usia tersebut anak-anak sangat senang bermain. Untuk itu penelitian ini mencoba membuat sebuah game edukasi bertipe labirin (Maze) dengan tema “Kebersihan Lingkungan” yang mengajarkan anak untuk membersihkan sampah. Hal ini melatih kesadaran anak dalam memahami pentingnya kebersihan lingkungan.

Untuk menciptakan game edukasi yang lebih menarik dan menyenangkan bagi anak, maka pada pembuatan permainan Maze Cleaner ini ditambahkan beberapa NPC (Non-Player Character) pendukung serta misi yang harus diselesaikan. Hal ini bertujuan untuk mewujudkan tujuan edukatif dari game ini. Selain itu, labirin (Maze) yang terdapat pada game ini dibuat menggunakan Algoritma Cellular Automata agar kesulitan dari labirin dapat ditingkatkan setiap levelnya. Hal ini bertujuan untuk memberikan tantangan, meningkatkan kemampuan strategis, dan melatih kesadaran mengenai arah dan juga kesadaran spasial dengan mengetahui ruang-ruang, jalur-jalur yang harus dilewati serta mengetahui lokasinya dalam kesatuan utuh permainan maze tersbut.

Hasil dari penelitian ini adalah semua fitur pada rancangan permainan  yang dikembangkan telah berhasil diimplementasikan serta berfungsi dengan baik. Terutama memastikan algoritma Cellular Automata yang digunakan untuk menghasilkan labirin dapat bekerja sesuai dengan apa yang telah dirancang. Algoritma Cellular Automata dinilai efektif oleh responden dalam membuat objek wall labirin dan memberikan pengalaman bermain yang lebih baik dengan skor penilaian 4.5 dari nilai maksimal 5. Objek wall Labirin yang dihasilkan juga terasa acak dan menantang dengan skor penilaian dari pengguna sebesar 4.1 dari nilai maksimal 5.

 

Kata Kunci : Game Edukasi, Maze, Objek Wall, Cellular Automata

Subjek

OBJECT ORIENTED PROGRAMMING
 

Katalog

PERANCANGAN OBJEK WALL PADA PERMAINAN LABIRIN MENGGUNAKAN ALGORITMA CELLULAR AUTOMATA
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

FURQAN MALEM
Perorangan
Purba Daru Kusuma
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Komputer
Bandung
2023

Koleksi

Kompetensi

  • TUI4B4 - TUGAS AKHIR

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini