PENGARUH PEMASARAN INSTAGRAM TERHADAP CUSTOMER PURCHASE INTENTION MELALUI CUSTOMER INSPIRATION (STUDI PADA PASCABAYAR TELKOMSEL DI PULAU JAWA)

ZENIA RAHMAH

Informasi Dasar

59 kali
23.05.100
658.812
Karya Ilmiah - Thesis (S2) - Reference

Dalam beberapa tahun terakhir, perkembangan pengguna smartphone dan media sosial telah mengubah landscape periklanan dan pemasaran dan telah berubah menjadi alat yang dapat dimanfaatkan dengan baik oleh bisnis dan perusahaan. Tingginya pertumbuhan pengguna smartphone di Indonesia tidak berbanding lurus dengan pertumbuhan pengguna pascabayar Telkomsel. Pada tahun 2019-2020 pertumbuhan pengguna pascabayar mengalami penurunan. Penurunan tersebut juga terlihat pada data search interest audience di Google search.

Untuk meningkatkan pertumbuhan pengguna serta memahami faktor yang mempengaruhi niat beli konsumen maka perusahaan perlu mengetahui faktor kunci yang dapat meningkatkan niat pembelian tersebut, agar dapat merumuskan strategi marketing yang lebih baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Pemasaran di Instagram dengan variabel Quality of Social Media (Entertainment, Interaction, Trendiness, Customization, e-WOM), Quantity of Social Media, dan Credibility of Social Media terhadap Customer Purchase Intention melalui Customer Inspiration.

Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode kuantitatif jenis data yang dibutuhkan dalam penelitian adalah data primer dan data sekunder dengan mengumpulkan data yaitu menggunakan kuesioner melalui google form yang disebarkan kepada 384 konsumen dari pengguna prabayar yang memiliki Instagram dan pernah melihat konten Telkomsel Halo di Instagram. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode non probability sampling jenis purposive sampling. Teknik anilisis data menggunakan SEM – PLS (Partial Least Square) yang diolah menggunakan software SmartPLS

Ditemukan bahwa Customer Inspiration berpengaruh positif dan signifikan terhadap Purchase Intention. Efek tidak langsung terhadap Purchase Intention juga ditemukan dalam model struktural. Diurutkan dari yang paling berpengaruh adalah Credibility, Customization, Interaction, e-WOM, Entertainment, Trendiness dan Quantity of Social Media Marketing.

Saran untuk perusahaan adalah Telkomsel Halo harus lebih fokus pada faktor utama yang mempengaruhi secara langsung niat beli konsumen, faktor tersebut adalah Customer Inspiration. Selain itu, Telkomsel Halo diharapkan dapat memberikan konten yang memiliki informasi lebih akurat dan dipercaya, karena hasil penelitian menunjukkan bahwa Credibility of social media marketing  akan berpengaruh secara tidak langsung terhadap niat beli konsumen. Untuk penelitian selanjutnya, disarankan untuk mempertimbangkan menambahkan faktor-faktor lain yang dapat meningkatkan Purchase Intention dan diharapkan dapat menggunakan model saat ini di sektor bisnis atau platform media sosial lainnya.

Subjek

BUSINESS MARKETING
Marketing - business,

Katalog

PENGARUH PEMASARAN INSTAGRAM TERHADAP CUSTOMER PURCHASE INTENTION MELALUI CUSTOMER INSPIRATION (STUDI PADA PASCABAYAR TELKOMSEL DI PULAU JAWA)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ZENIA RAHMAH
Perorangan
Indrawati
 

Penerbit

Universitas Telkom, S2 Manajemen
Bandung
2023

Koleksi

Kompetensi

  • MM310314 - E-MARKETING

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini