ANALISIS KESUKSESAN IMPLEMENTASI E-RECRUITMENT DALAM PROSES PENERIMAAN KARYAWAN MENGGUNAKAN METODE DELONE DAN MCLEAN DI PT KERETA API INDONESIA (PERSERO)

RICO KASDIM

Informasi Dasar

30 kali
23.04.1120
005.372
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Teknologi informasi adalah semua bentuk teknologi yang digunakan untuk bisa menciptakan, menyimpan dan mengubah sebuah data ataupun informasi yang nantinya dapat digunakan untuk berbagai hal. Dengan adanya teknologi informasi perusahaan dapat dengan mudah mengolah sebuah informasi menggunakan bantuan teknologi sehingga perusahaan dapat mengambil sebuah keputusan terkait proses bisnis yang berjalan. Perkembangan teknologi informasi saat ini merupakan salah satu hal yang harus diperhatikan oleh setiap perusahaan agar perusahaan dapat mencapai tujuan bisnisnya, selain memperhatikan aspek teknologi informasi, perusahaan juga harus memperhatikan aspek sumber daya manusia dalam hal ini adalah karyawan yang dimiliki, perlu diperhatikan bagaimana sebuah perusahaan dapat memiliki aset berupa sumber daya manusia sesuai dengan kebutuhan perusahaan agar sumber daya yang ada pada perusahaan dapat berjalan sesuai fungsinya. PT Kereta Api Indonesia (Persero) adalah sebuah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak di bidang jasa transportasi yang telah berdiri pada tahun 1864. Untuk mendukung proses bisnis perusahaan PT Kereta Api Indonesia (Persero) menerapkan sistem Enterprise Resource Planning (ERP). ERP merupakan salah satu sistem yang penting bagi sebuah perusahaan agar dapat membantu mengintegrasikan proses bisnis yang ada. Systems, Applications, and Products in Data Processing (SAP) merupakan salah satu aplikasi berbasis ERP yang digunakan di PT Kereta Api Indonesia (Persero) sebagai aplikasi utama, namun penerapan aplikasi SAP belum menyeluruh, salah satunya pada saat proses penerimaan karyawan baru yang merupakan proses penting bagi sebuah perusahaan. PT Kereta Api Indonesia (Persero) menggunakan aplikasi e- Recruitment dalam proses penerimaan karyawan baru, dalam penggunaan aplikasi ini diketahui bahwa terdapat beberapa kendala yang terjadi salah satunya pada saat proses integrasi data dari aplikasi e-Recruitment ke SAP, proses integrasi antara aplikasi masih menggunakan cara yang sederhana sehingga diperlukannya analisis kesuksesan sistem ERP yang diterapkan pada PT Kereta Api Indonesia (Persero). Model yang digunakan pada penelitian ini adalah Delone and Mclean dimana model ini sesuai dengan penelitian yang disusun untuk mengukur keberhasilan dari aplikasi e-Recruitment yang digunakan pada PT Kereta Api Indonesia (Persero). Hasil pre survey membuktikan bahwa terdapat beberapa kekurangan selama menggunakan aplikasi e-Recruitment, sehingga hasil akhir dari penelitian ini akan memberikan saran perbaikan bagi perusahaan agar sistem ERP yang diterapkan pada perusahaan dapat berjalan maksimal.

Subjek

INFORMATION SYSTEM
SISTEM INFORMASI MANAJEMEN,

Katalog

ANALISIS KESUKSESAN IMPLEMENTASI E-RECRUITMENT DALAM PROSES PENERIMAAN KARYAWAN MENGGUNAKAN METODE DELONE DAN MCLEAN DI PT KERETA API INDONESIA (PERSERO)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

RICO KASDIM
Perorangan
Warih Puspitasari, Lutfia Septiningrum
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Sistem Informasi
Bandung
2023

Koleksi

Kompetensi

  • ISG4F3 - ERP MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA
  • ISH1B3 - SISTEM ENTERPRISE

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini