PENERAPAN METODE EXTREME PROGRAMMING PADA PEMBANGUNAN SISTEM INFORMASI PENGELOLAAN BANK SAMPAH PROSES TRANSAKSI (STUDI KASUS : BANK SAMPAH BERSINAR)

NUR INTAN SARI

Informasi Dasar

47 kali
23.04.619
005.1
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Bank sampah merupakan tempat pengelolaan sampah lingkungan yang dilakukan dengan cara mendaur ulang sampah menjadi produk yang bernilai ekonomis bagi masyarakat. Bank sampah kini sudah berkembang di kota-kota besar di Indonesia seperti salah satunya Bank Sampah Bersinar yang terletak di Jl. Terusan Bojongsoang No.174, Baleendah, Kabupaten Bandung. Bank Sampah Bersinar menawarkan 3 layanan yaitu, layanan drop off  sampah, bank sampah keliling, dan household waste management. Ketiga layanan ini memberikan wadah kepada masyarakat wilayah kabupaten Bandung untuk menyetorkan sampahnya dan masyarakat akan mendapatkan hasil pendapatan setor sampah berupa uang tunai yang dikirimkan ke nomor rekening nasabah. Namun, saat ini sistem informasi yang digunakan oleh bank sampah bersinar masih hanya memenuhi kebutuhan database nasabah bank sampah saja dan ketika nasabah melakukan transaksi, petugas masih perlu mencatat hasil setor sampah menggunakan kertas formulir penimbangan dan mencatat ulang ke dalam google spreadsheet. Oleh karena itu, dibutuhkan sebuah perancangan sistem informasi Bank Sampah Bersinar untuk mengelola bank sampah agar penanganan sampah dapat dilakukan  secara sistematis dan terintegrasi. Sistem informasi ini akan berfokus pada proses transaksi, dimana proses transaksi adalah proses untuk mengelola transaksi yang dilakukan nasabah bank sampah bersinar dari saat pemesanan layanan sampah hingga dapat melihat riwayat transaksi setor sampahnya. Pengembangan website Bank Sampah Bersinar menggunakan framework Laravel serta menggunakan metode Extreme Programming dengan tahapannya yaitu planning, design, coding, dan testing. Selanjutnya penelitian ini menggunakan metode Blackbox Testing dan User Acceptance Testing untuk tahap uji coba website dengan responden untuk nasabah terdapat 10 orang dan 6 orang sebagai responden untuk admin.

Subjek

WEB APPLICATION
SISTEM INFORMASI,

Katalog

PENERAPAN METODE EXTREME PROGRAMMING PADA PEMBANGUNAN SISTEM INFORMASI PENGELOLAAN BANK SAMPAH PROSES TRANSAKSI (STUDI KASUS : BANK SAMPAH BERSINAR)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

NUR INTAN SARI
Perorangan
Faishal Mufied Al Anshary, Irfan Darmawan
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Sistem Informasi
Bandung
2023

Koleksi

Kompetensi

  • III4A4 - TUGAS AKHIR

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini