Analisis Positioning Gerai Minimarket Berdasarkan Persepsi Konsumen di Kota Bandung (Studi Kasus : Alfamart, Indomaret, Yomart, Circle K, SBMart dan Griya Mart) Tahun 2013

DHIMAS ALIT SAPUTRA

Informasi Dasar

13.04.553
658.834 2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAK

Dhimas Alit Saputra (109400065) ANALISIS POSITIONING GERAI MINIMARKET BERDASARKAN PERSEPSI KONSUMEN DI KOTA BANDUNG (STUDI KASUS : ALFAMART, INDOMARET, YOMART, CIRCLE K, SBMART, GRIYA MART)

Penelitian ini bertujuan untuk mencari tahu positioning berupa perceptual map gerai minimarket di Kota Bandung. Objek studi penelitian ini adalah beberapa minimarket yang ada di kota Bandung, yaitu Alfamart, Indomaret, Yomart, Circle K, SBMart dan Griya Mart. Atribut yang digunakan dalam penelitian ini adalah harga, lokasi, merchandise, pelayanan, kenyamanan dan sumber daya manusia yang diberikan oleh minimarket tersebut.
Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis multidimensional scaling, analisis ini memberikan gambaran positioning dari produk minimarket yang ditampilkan dalam sebuah perceptual map yang ditentukan dimensinya sesuai atribut produk. Multidimensional scaling ini terdapat dua pendekatan, yang pertama adalah kesamaan atau similarity. Pendekatan ini menunjukkan tingkat kesamaan dari gerai minimarket dari semua aspek. Semakin dekat posisi titik pada perceptual map maka semakin banyak kesamaan antar gerai minimarket yang dibandingkan. Pendekatan kedua adalah preferen. Pendekatan ini menunjukkan seberapa baik positioning suatu gerai terhadap masing-masing atribut. Semakin dekat posisi titik gerai terhadap posisi titik atribut pada perceptual map, maka semakin baik gerai tersebut berdasarkan atribut.
Alfamart dipersepsikan menempati posisi ideal diantara gerai-gerai lain. Hal tersebut dibuktikan dengan posisi rangking berdasarkan tingkat kesamaan. Sedangkan berdasarkan preferensi gerai minimarket terhadap atribut, konsumen telah mempersepsikan gerai minimarket Indomaret adalah gerai yang terbaik berdasarkan atribut merchandise, pelayanan, kenyamanan dan sumber daya manusia. Sedangkan untuk atribut harga dan lokasi, Alfamart adalah gerai minimarket dengan penentuan harga dan lokasi yang paling baik.

Kata kunci: Minimarket di kota Bandung, positioning gerai minimarket dan multidimensional scaling

Subjek

CONSUMER PSYCHOLOGY
CONSUMER BEHAVIOR, MARKETING MANAGEMENT

Katalog

Analisis Positioning Gerai Minimarket Berdasarkan Persepsi Konsumen di Kota Bandung (Studi Kasus : Alfamart, Indomaret, Yomart, Circle K, SBMart dan Griya Mart) Tahun 2013
 
xii, 120p.: il.; 21,5 cm+lampiran
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

DHIMAS ALIT SAPUTRA
Perorangan
Refi Rifaldi Windya Giri
 

Penerbit

[ Library & Knowledge Center ] Institut Manajemen Telkom
Bandung
2013

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini