Pengaruh Budaya Digital terhadap Kinerja Karyawan di Yayasan Pendidikan Telkom (Studi Kasus Kantor Badan Pelaksana Kegiatan YPT)

ANNISAA RAHMAWATI

Informasi Dasar

21.04.1749
362.106 8
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAK Yayasan Pendidikan Telkom (YPT) merupakan lembaga pendidikan yang bergerak di bidang pendidikan selama lebih dari 35 tahun. Yayasan ini memiliki beberapa lembaga dengan kantor pusat pengelolaanya berada di sebuah kantor badan pelaksana kegiatan YPT yang dikenal dengan Lakhar (Pelaksana Harian). Kinerja karyawan masih fluktuatif dan bahkan terjadi penurunan pada tahun 2017 untuk kategori P1 (Istimewa) dan P2 (Baik Sekali). Sementara berdasar preliminary study budaya digitalnya sudah terimplentasi cukup baik, namun jika ditelaah lebih mendalam ada beberapa dimensi dalam budaya digitalnya masih rendah.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui budaya digital yang diterapkan Yayasan Pendidikan Telkom, kinerja karyawan Yayasan Pendidikan Telkom, dan seberapa besar pengaruh budaya digital terhadap kinerja karyawan Yayasan Pendidikan Telkom. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang disebarkan kepada 74 karyawan Yayasan Pendidikan Telkom. Berdasarkan tujuan penelitian, peneliti menggunakan tujuan deskriptif. Tipe penyelidikan peneliti menggunakan jenis kausal. Berdasarkan keterlibatan penelitian, peneliti tidak melakukan intervensi data. Untuk unit analisis, peneliti menggunakan jenis unit analisis individu, serta berdasarkan setting penelitian, peneliti menggunakan non contrived setting. Pada waktu pelaksanaan penelitian, peneliti menggunakan metode cross section dan data yang ada dianalisis menggunakan metode regresi linier sederhana dengan bantuan program SPSS versi 25. Pengolahan data menunjukkan hasil bahwa budaya digital yang diterapkan dan kinerja karyawan di Yayasan Pendidikan Telkom tergolong sangat tinggi. Budaya digital juga memiliki pengaruh positif sebesar 39,5% terhadap kinerja karyawan di Yayasan Pendidikan Telkom. Perusahaan sebaiknya mempertahankan dan meningkatkan penerapan budaya digital melalui beberapa metode seperti kegiatan brainstorming atau focus group discussion yang dapat mengembangkan potensi karyawan untuk meningkatkan kinerja karyawan.

Kata Kunci: Budaya Digital, Kinerja Karyawan

Subjek

Human resource management
 

Katalog

Pengaruh Budaya Digital terhadap Kinerja Karyawan di Yayasan Pendidikan Telkom (Studi Kasus Kantor Badan Pelaksana Kegiatan YPT)
 
xiii, 140p.: ill.; pdf file
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ANNISAA RAHMAWATI
Perorangan
Ary Ferdian
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 MBTI
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

  • BM62C4 - MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA STRATEJIK
  • SM855036 - SKRIPSI

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini