PENGARUH CUSTOMER EXPERIENCE TERHADAP BRAND IMAGE PADA APLIKASI LINKAJA

NANDA AMELYA RAHAYU

Informasi Dasar

21.04.827
658.802
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Penelitian ini didasarkan adanya fenomena terkait banyaknya keluhan pelanggan pada aplikasi LinkAja di berbagai forum; diantaranya mengenai promo cashback, saldo terpotong, gagal upgrade, pelayanan yang tidak sesuai, dan meragukan kesiapan LinkAja saat diluncurkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh antara customer experience terhadap brand image pada Aplikasi LinkAja.

Penelitian ini menggunakan variabel independen atau customer experience yaitu sense, feel, think, act, dan relate. Variabel dependen atau brand image yaitu brand identity, brand personality, brand association, brand attitude and behavior, brand benefit and competence. Jenis penelitian ini termasuk penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah para pengguna aplikasi LinkAja yang sedang atau pernah menggunakan aplikasi tersebut dan menggunakan sampel yang berjumlah 100 responden dengan teknik purposive sampling. Teknik analisis data yang dilakukan terdiri dari uji normalitas, koefisien determinasi, analisis regresi linear sederhana, dan pengujian hipotesis. Pengujian hipotesis dilakukan menggunakan uji t, diketahui nilai thitung sebesar (18,161) > ttabel (1,984), maka H0 ditolak dan H1 diterima yang artinya terdapat pengaruh antara customer experience terhadap brand image. Nilai koefisien determinasi (r) sebesar 77,1% dan dapat diartikan bahwa customer experience memberikan pengaruh yang positif, kuat, dan signifikan terhadap brand image sebesar 77,1% dan sisanya sebesar 22,9% dipengaruhi oleh variabel lain.

Disarankan dalam penelitian ini dapat menjadi rujukan dan literatur agar penelitian selanjutnya dapat menggunakan variabel berbeda, mengambil sampel non LinkAja melalui sudut pandang yang berbeda ataupun menggunakan metode dan teknik analisis data yang berbeda agar dapat menghasilkan penelitian yang beragam dan bermanfaat.

Kata Kunci: Brand Image, Customer Experience, LinkAja

Subjek

MARKETING COMMUNICATION
 

Katalog

PENGARUH CUSTOMER EXPERIENCE TERHADAP BRAND IMAGE PADA APLIKASI LINKAJA
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

NANDA AMELYA RAHAYU
Perorangan
Martha Tri Lestari
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Digital Public Relations
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini