PENDIDIKAN KARAKTER NASIONALISME DALAM FILM ANIMASI (Analisis Semiotika Ferdinand de Saussure dalam Film Animasi “Nussa dan Rara”)

ALIF ANDINI WIDYA MAHARANI

Informasi Dasar

21.04.112
181.16
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Film sebagai salah satu media populer, bisa dimanfaatkan untuk menyampaikan edukasi yang berkaitan dengan nasionalisme. Film animasi Nussa dan Rara merupakan salah satu film genre anak bernuansa Islami namun di dalamnya juga menampilkan nilai-nilai karakter nasionalisme. Dalam film ini, nilai-nilai nasionalisme ditampilkan melalui adegan, dialog serta simbol-simbol yang terdapat pada dua episode film animasi Nussa & Rara. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan paradigma konstruktivis dan melalui pendekatan semiotika Ferdinand de Saussure yang terdiri dari Penanda (Signifier) dan Petanda (Signified). Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya nilai-nilai karekter nasionalisme pada episode “Merdeka!!!” berkaitan dengan cinta tanah air, rela berkorban, persatuan dan kesatuan, dan pantang menyerah. Sedangkan pada episode “Toleransi” nilai nasionalisme berkaitan dengan persatuan dan kesatuan. Kata Kunci: Nasionalisme, Film Animasi, Nussa Rara, Pendidikan Karakter, Semiotika

Subjek

NASIONALISME
 

Katalog

PENDIDIKAN KARAKTER NASIONALISME DALAM FILM ANIMASI (Analisis Semiotika Ferdinand de Saussure dalam Film Animasi “Nussa dan Rara”)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ALIF ANDINI WIDYA MAHARANI
Perorangan
TWIN AGUS PRAMONOJATI
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Ilmu Komunikasi
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini