Analisis Memahami Perencanaan Operasi di UKM Menggunakan Metrik pada SCOR Model (Studi pada UKM Kuliner di Daerah Antapani Kidul Bandung)

HASYA SAFRINA MUMTAZ

Informasi Dasar

20.04.3823
338.04
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Memasuki era industri 4.0 setiap jenis usaha dituntut untuk turut mengikuti perkembangan teknologi. Termasuk jenis Usaha Kecil Menengah (UKM) kuliner yang merupakan salah satu subsektor terbesar bagi perekonomian Indonesia. Salah satunya dengan mengadopsi teknologi Internet of Thing (IoT) pada Supply Chain Management (SCM) yang diharapkan dapat membantu UKM agar lebih efektif dan efisien dalam menjalankan usahanya. Sistem tersebut harus memenuhi empat tahapan yang diawali dengan tahap monitoring. Tahap monitoring memerlukan data-data yang dimiliki untuk bekerja. Namun, keadaan yang ditemukan adalah belum tersedianya data-data yang dibutuhkan untuk mendukung tahap monitoring. Maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk mengumpulkan dan menganalisis data. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dimulai dengan pencarian data UKM dan memilih area penelitian di daerah Antapani Kidul. Dengan menggunakan metrik dari Supply Chain Operation References (SCOR) yang dikembangkan oleh Supply Chain Council melalui beberapa proses dan dimensi yang ada di dalamnya seperti plan, source, make, deliver, dan return. Analisis data yang sudah didapat akan dilakukan dengan tools Tableau. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah UKM sudah mampu untuk memeriksa kondisi produk dengan data yang dimilikinya sekarang. Namun, belum optimal dalam memonitor seluruh proses operasinya. Hal tersebut dilihat dari nilai seluruh proses yang masih berada dalam kategori marginal, average dan good.

Subjek

1 ENTREPRENEURSHIP
 

Katalog

Analisis Memahami Perencanaan Operasi di UKM Menggunakan Metrik pada SCOR Model (Studi pada UKM Kuliner di Daerah Antapani Kidul Bandung)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

HASYA SAFRINA MUMTAZ
Perorangan
Kristina Sisilia
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2020

Koleksi

Kompetensi

  • SN843036 - SKRIPSI

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini