ANALISIS STRATEGI PENGEMBANGAN PADA USAHA MIKRO, KECIL, DAN MENENGAH MENGGUNAKAN QUANTITAIVE STRATEGIC PLANNING MATRIX (QSPM) (Studi kasus Pada UMKM Battle X's di kota Bandung)

VICKRY DWI PURWIYANTO

Informasi Dasar

19.04.3057
658.401
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Battle x’s merupakan salah satu Usaha Mikro, Kecil dan Menengah yang berada di Kota Bandung yang berbisnis di bidang fashion yaitu pembuatan dan penjualan perlengkapan Aparatur Negara TNI dan POLRI serta Aparatur Sipil Negara seperti pakaian, tas, sepatu, jaket dan perlengkapan non formal lainnya. Namun, banyaknya para wirausaha yang berbisnis di pasar ini menyebabkan persaingan bisnis yang semakin ketat dan memacu setiap wirausaha untuk melakukan efisiensi dalam setiap proses bisnisnya sehingga diperlukan strategi khusus agar mampu bersaing di pasar, khususnya di kota Bandung. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor eksternal dan faktor internal pada UMKM Battle x’s, posisi perusahaan dalam matrik IE, kemudian mencari strategi alternatif melalui analisa matrik SWOT dan memutuskan serta menentukan strategi alternatif yang akan diprioritaskan yang dipilih secara objektif oleh UMKM Battle x’s berdasarkan matrik QSPM. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif deskriptif yang menggambarkan kondisi atau hubungan yang ada, proses yang sedang berlangsung, pendapat dan fakta yang ada di lapangan. Pengumpulan data primer di dapatkan melalui wawancara dan data sekunder melalui studi pustaka, jurnal penelitian, skripsi dan internet. Pengambilan sampling dilakukan dengan metode Purposive Sampling dengan narasumber sebanyak 6 orang. Hasil dari penelitian ini menunjukkan matrik IFE 3,16 (posisi internal perusahaan kuat) dan total matrik EFE sebesar 2,9 (posisi eksternal termasuk kategori rata-rata). Hasil matrik IE menunjukkan Battle x’s berada pada sel I yaitu tumbuh dan membangun (grow and build). Hasil matrik QSPM didapatkan dari matrik SWOT yang menghasilkan 4 strategi alternatif. Kata Kunci: Manajemen Strategi, IFE, EFE, IE Matrix, SWOT, QSPM

Subjek

Management strategic
 

Katalog

ANALISIS STRATEGI PENGEMBANGAN PADA USAHA MIKRO, KECIL, DAN MENENGAH MENGGUNAKAN QUANTITAIVE STRATEGIC PLANNING MATRIX (QSPM) (Studi kasus Pada UMKM Battle X's di kota Bandung)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

VICKRY DWI PURWIYANTO
Perorangan
Grisna Anggadwita
 

Penerbit

Universitas Telkom. S1 Manajemen Bisnis Telekomunikasi dan Informatika
Bandung
2019

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini