ANALISIS PENINGKATAN KUALITAS LAYANAN LISTRIK PRABAYAR PADA PT. PLN (PERSERO) WILAYAH RIAU DAN KEPULAUAN RIAU MENGGUNAKAN METODE QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (QFD)

GHINA ZHAFIRAH

Informasi Dasar

19.04.2648
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

PT. PLN merupakan perusahaan negara yang bergerak dalam pengelolaan tenaga listrik milik negara di Indonesia dengan berkomitmen menjalankan bisnis kelistrikan yang berorientasi pada kepuasan pelanggan, anggota perusahaan dan pemegang saham (Misi PT. PLN, 1994). PT. PLN (Persero) mempunyai dua jenis layanan dalam melayani pelanggannya, yaitu layanan listrik pascabayar dan listrik prabayar. Listrik pascabayar adalah jenis layanan listrik yang ketersediaan listrik yang tidak terbatas setiap bulan dan pembayarannya akan dilakukan setiap akhir bulan. Namun hal tersebut menimbulkann permasalahan, masih tingginya jumlah tunggakan piutang pelanggan.
Penelitian ini bertujuan untuk merumuskan rekomendasi peningkatan kualitas pelayanan listrik prabayar pada PT. PLN (Persero) Wilayah Riau dan Kepulauan Riau berdasarkan 11 true customer needs yang diperoleh dari hasil penelitian sebelumnya tentang “Perbaikan Kualitas Pelayanan Listrik Prabayar Dengan Menggunakan Integrasi Service Quality dan Model Kano PT. PLN (Persero) Wilayah Riau dan Kepulauan Riau”. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quality Function Deployment (QFD) untuk menerjemahkan kebutuhan pelanggan ke dalam karakteristik layanan serta mempertimbangkan kemampuan perusahaan. Metode QFD dilakukan dalam dua tahap. Tahap pertama adalah QFD iterasi satu (house of quality) untuk mengidentifikasi true customer needs dan menentukan karakteristik teknis prioritas. Tahap kedua adalah QFD iterasi dua (part deployment) untuk menentukan critical part prioritas berdasarkan karakteristik teknis prioritas yang akan dikembangkan. Perumusan rekomendasi dibuat berdasarkan hasil pengolahan data, analisis, brainstorming dengan perusahan dan benchmarking dengan pihak Telkomsel maupun tiket.com. Rekomendasi yang didapatkan dari 11 TCN dan 11 karakteristik teknis menghasilkan 8 dari 9 critical part yang akan ditingkatkan dan dikembangkan. Kata Kunci: PT. PLN (Persero) Wilayah Riau dan Kepulauan Riau, House of Quality, True Customer Needs, Quality Function Deployment, Part Deployment

Subjek

MARKETING
 

Katalog

ANALISIS PENINGKATAN KUALITAS LAYANAN LISTRIK PRABAYAR PADA PT. PLN (PERSERO) WILAYAH RIAU DAN KEPULAUAN RIAU MENGGUNAKAN METODE QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (QFD)
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

GHINA ZHAFIRAH
Perorangan
Sari Wulandari, Boby Hera Sagita
 

Penerbit

Universitas Telkom
 
2019

Koleksi

Kompetensi

  • IEH4FA3 - KOMUNIKASI PEMASARAN TERPADU
  • IEH3H2 - MANAJEMEN PEMASARAN
  • IEH4FD3 - RISET PEMASARAN
  • IEH4FC3 - STRATEGI PEMASARAN
  • IEH4H4 - TUGAS AKHIR
  • III4A4 - TUGAS AKHIR
  • IEI3B2 - MANAJEMEN PEMASARAN
  • IEI4Q3 - KOMUNIKASI PEMASARAN TERPADU
  • IEI5H3 - RISET PEMASARAN
  • IEI5R3 - STRATEGI PEMASARAN
  • III4A4 - TUGAS AKHIR

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini