Penerapan Embellishment sebagai Unsur Dekoratif pada Busana Modestwear

ADZNI ANZALIA ROEHAN

Informasi Dasar

19.04.281
746.028
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Embellishment merupakan salah satu teknik permukaan tekstil berupa dekorasi dengan berbagai macam material dan beberapa teknik lainnya yang bertujuan untuk menambah dekorasi dengan efek tiga dimensi pada permukaan kain. Embellishment banyak ditemukan pada rancangan koleksi haute couture desainer-desainer ternama. Selain itu, ada pula beberapa penggunaan embellishment yang lebih sederhana pada busana ready-to-wear yang ditemukan pada brand tertentu.

Di sisi lain, tren modest fashion sedang marak dibicarakan dalam industri fashion. Modest fashion yang jika diartikan secara bahasa merupakan pakaian yang sopan, mendapat implementasi lain khususnya di Indonesia, yang tidak jarang diartikan sebagai moslem fashion. Tren modest fashion terlihat dari banyaknya ajang fashion yang mengatasnamakan modest fashion baik di dunia maupun di Indonesia.

Adanya potensi penerapan embellishment untuk dapat dikembangkan lebih jauh sebagai unsur dekoratif pada busana, serta peluang pada alternatif rancangan modestwear sebagai tren yang sedang mendunia, melatarbelakangi penulis untuk memberikan tawaran alternatif desain aplikasi embellishment sebagai dekorasi pada busana modestwear.

Penelitian dilakukan menggunakan metode kualitatif, dimana data-data yang didapat berupa narasi atau bersifat deskriptif. Dengan pengumpulan data melalui observasi langsung dan tidak langsung, wawancara, serta eksplorasi pada material embellishment. Eksplorasi yang dilakukan berupa percobaan penggunaan beberapa jenis material dengan penerapan teknik yang berbeda-beda. Teknik yang digunakan diantaranya adalah marbling, membungkus dengan kain, bordir, serta beadings. Penelitian menghasilkan alternatif penerapan aplikasi embellishment khususnya pada busana modestwear.

Kata kunci : modest fashion, embellishment

Subjek

TEXTILE DESIGN
 

Katalog

Penerapan Embellishment sebagai Unsur Dekoratif pada Busana Modestwear
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ADZNI ANZALIA ROEHAN
Perorangan
CITRA PUSPITASARI
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2019

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini