APLIKASI PASAR VIRTUAL INDONESIA UNTUK PENGEMBANGAN USAHA KECIL DAN MENENGAH (UKM) (MODUL PENGOLAHAN DATA KAS DAN PENJUALAN PIHAK PRODUSEN)

RAHMAD GERI KURNIAWAN

Informasi Dasar

18.06.444
C
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

Usaha Kecil dan Menengah (UKM) adalah bentuk usaha masyarakat yang pendiriannya berdasarkan inisiatif dari seseorang. Perkembangan UKM di Indonesia sangat pesat. Jumlah pelaku UKM Indonesia termasuk paling banyak di antara negara lainnya, sehingga UKM menjadi salah satu sektor yang memberikan kontribusi besar terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia. Namun, untuk dapat meningkatkan jangkauan pasar, maka UKM perlu memanfaatkan teknologi infomasi yang dapat menjembatani antara produsen dan distributor. Selain itu, pengelolaan data penjualan dan keuangan secara efektif dan efesien dibutuhkan oleh UKM. Oleh karena itu, proyek akhir ini dibangun aplikasi Pasar Virtual Indonesia untuk Pengembangan UKM, khususnya modul pengolahan data kas dan penjualan pihak produsen. Pada modul ini, aplikasi dapat membantu produsen untuk melakukan monitoring penjualan distributor, mengolah laporan penjualan, dan mendokumentasikan pemasukan dan pengeluaran. Pada modul ini pembuatan aplikasi dilakukan dengan metode Rapid Application Develepement (RAD). Aplikasi berbasis web dan diimplementasikan dengan framework Codeigniter, bahasa pemrograman PHP, dan basis data MySQL sebagai media penyimpanan data. Setelah dilakukan pengujian aplikasi menggunakan metode black box testing dan User Acceptance Test (UAT) pada setiap unit sistem, dapat dibuktikan bahwa aplikasi telah memenuhi kebutuhan pihak produsen. Sehingga dapat disimpulkan bahwa aplikasi ini dapat membantu produsen dalam mengelola data penjualan dan keuangan secara efektif dan efisien.

Kata Kunci: UKM, produsen, distributor

Subjek

PROGAMMING WEB
 

Katalog

APLIKASI PASAR VIRTUAL INDONESIA UNTUK PENGEMBANGAN USAHA KECIL DAN MENENGAH (UKM) (MODUL PENGOLAHAN DATA KAS DAN PENJUALAN PIHAK PRODUSEN)
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

RAHMAD GERI KURNIAWAN
Perorangan
Ferra Arik Tridalestari, Hanung Nindito Prasetyo
 

Penerbit

Universitas Telkom
 
2018

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini