ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP NIAT BERWIRAUSAHA DENGAN PENDEKATAN THEORY OF PLANNED BEHAVIOR (Studi Kasus Pada Wirausaha Muda Wanita UMKM kelompok usia 17 -25 tahun Di Kota Bandung)

MEILANI LUCIANA

Informasi Dasar

18.04.1693
658.421
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Kewirausahaan sangat berperan penting dalam pertumbuhan ekonomi suatu Negara. Wirausaha wanita mempunyai peranan yang sangat penting dalam pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Di era globalisasi ini, wanita Indonesia mempunyai peluang dan kesempatan yang sangat besar untuk berkembang. Niat merupakan faktor penting dalam mengidentifikasi motivasi dan karakteristik seseorang dalam membangun kegiatan kewirausahaan. Hal tersebut didukung oleh teori perilaku yang direncanakan (TPB) telah berfokus pada niat sebagai faktor utama yang memotivasi perilaku manusia

Penelitian ini dilakukan di Bandung dengan menggunakan pendekatan theory of planned behavior sebagai variabel independen dan niat berwirausaha sebagai variabel dependen. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pengaruh sikap terhadap perilaku, norma subjektif dan kontrol perilaku yang dirasakan terhadap niat berwirausaha. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dan kausal. Analisis data yang menggunakan analisis deskriptif, analisis regresi linear berganda, uji hipotesis parsial (uji T) dan koefisien determinan (uji R2).

Berdasarkan hasil kuisioner dengan 400 responden, hasil pengujian hipotesis dapat disimpulkan bahwa variabel sikap terhadap perilaku (X1) secara parsial berpengaruh signifikan terhadap niat berwirausaha thitung (7,782) > t.tabel (1,965). Selain itu pada variabel norma subjektif (X2) secara parsial berpengaruh signifikan positif terhadap niat berwirausaha dengan nilai Sig. < 0,05 dan variabel kontrol perilaku yang dirasakan (X3) berpengaruh secara parsial terhadap niat berwirausaha dengan nilai thitung (3,670) > t.tabel (1,965) . Pada hasil uji koefisien determinasi (uji R2) diperoleh 0,315. Hal ini menunjukan sikap terhadap perilaku, norma subjektif dan kontrol perilaku yang dirasakan berpengaruh terhadap niat berwirausaha sebesar 31,5% dan sisanya 68,5% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Kata Kunci: Theory of Planned Behavior, Sikap Terhadap Perilaku, Norma Subjektif, Kontrol Perilaku yang Dirasakan, Niat Berwirausaha

Subjek

ENTREPRENEURSHIP
 

Katalog

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP NIAT BERWIRAUSAHA DENGAN PENDEKATAN THEORY OF PLANNED BEHAVIOR (Studi Kasus Pada Wirausaha Muda Wanita UMKM kelompok usia 17 -25 tahun Di Kota Bandung)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MEILANI LUCIANA
Perorangan
GRISNA ANGGADWITA
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2018

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini