Analisis Positioning Smartphone Android Berdasarkan Persepsi Konsumen di Indonesia Tahun 2016 (Studi Pada Samsung, Oppo, Sony, LG, dan Lenovo).

ZAHRA NABILA

Informasi Dasar

18.04.1229
658.834 3
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Smartphone merupakan salah satu media komunikasi yang paling sering digunakan masyarakat. Smartphone tersedia dengan berbagai macam sistem operasi, salah satu nya system operasi Android yang menguasai pangsa pasar di Indonesia. Para produsen smartphone-pun berlomba-lomba dalam menciptakan smartphone berbasis sistem operasi Android, diantaranya Sony, Lenovo, LG, Samsung dan Oppo. Analisis positioning sangat dibutuhkan guna mengetahui kebutuhan pasar, kelebihan dan kekurangan dari masing-masing produk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui positioning dari kelima merek smartphone yaitu Sony, Lenovo, LG, Samsung dan Oppo berdasarkan persepsi konsumen dengan menggunakan lima atribut, yaitu: design, ease of use, brand, durability, price. Pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner kepada 400 responden di Indonesia. Teknik analisis data menggunakan Multidimensional Scaling (MDS) yang akan menghasilkan peta visual mengenai persaingan smartphone berdasarkan atribut-atribut yang telah dipilih. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa smartphone (Samsung, Sony, Oppo, LG dan Lenovo) memiliki tingkat persaingan tersendiri. Akan tetapi berdasarkan persepsi konsumen terhadap lima atribut yang digunakan, smartphone Samsung menjadi yang terbaik, diikuti oleh LG, Oppo, Sony dan Lenovo. Berdasarkan hasil penelitian, disarankan pada setiap perusahaan merek smartphone untuk dapat mempertahankan atribut yang dipersepsikan konsumen baik dan lebih mengembangkan lagi atribut yang dipersepsikan konsumen buruk. Kata Kunci: Android, MDS, Positioning, Smartphone.

Subjek

CONSUMER PREFERENCES
 

Katalog

Analisis Positioning Smartphone Android Berdasarkan Persepsi Konsumen di Indonesia Tahun 2016 (Studi Pada Samsung, Oppo, Sony, LG, dan Lenovo).
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ZAHRA NABILA
Perorangan
 
 

Penerbit

Universitas Telkom
 
2018

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini