Faktor-faktor Yang Mepengaruhi Keputusan Investasi di Pasar Modal (Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Telkom Tahun 2017)

GINA AZHAR FAIRUZ

Informasi Dasar

18.04.901
332.6
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Jumlah investor pasar modal di Indonesia terus mengalami tren peningkatan positif. Bahkan data terakhir dari Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI), jumlah investor pasar modal di Indonesia telah mencapai angka 1 juta. Hal ini berdasarkan data KSEI pada Rabu 7 Juni 2017, yang menunjukkan jumlah single investor identification (SID) yang telah mencapai 1.000.289. Jumlah itu merupakan jumlah SID terkonsolidasi yang terdiri dari investor pemilik saham, surat utang, reksa dana, surat berharga negara (SBN), dan efek lain yang tercatat di KSEI. Akan tetapi, sangat disayangkan bahwa jika melihat kepemilikan saham dari BEI secara keseluruhan, kepemilikan saham di BEI masih masih didominasi oleh investor asing sebesar 65% (KSEI, 2016). Dalam rangka mengedukasi dan mengembangkan industri pasar modal di Indonesia, BEI meluncurkan Galeri Investasi Bursa Efek Indonesia. GIBEI adalah sarana untuk memperkenalkan pasar modal sejak dini kepada dunia akademisi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan investasi mahasiswa Universitas Telkom 2017, dengan metode pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik probability sampling untuk pengumpulan data. Selain itu, penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dan uji regresi linear berganda. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa citra perusahaan secara parsial mempengaruhi keputusan investasi mahasiswa Universitas Telkom 2017. Selain itu citra perusahaan, informasi akuntansi, informasi netral, rekomendasi advokat, dan kebutuhan keuangan pribadi secara simultan mempengaruhi keputusan investasi mahasiswa Universitas Telkom 2017. Faktor-faktor tersebut mempengaruhi keputusan investasi sebesar 24,2%, sedangkan sisanya sebesar 75,8% dipengaruhi faktor- faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Kata Kunci: Faktor Keputusan Investasi

Subjek

INVESTMENT
 

Katalog

Faktor-faktor Yang Mepengaruhi Keputusan Investasi di Pasar Modal (Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Telkom Tahun 2017)
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

GINA AZHAR FAIRUZ
Perorangan
Anisah Firli
 

Penerbit

Universitas Telkom, Manajemen Bisnis Telekomunikasi & Informatika
Bandung
2018

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini