Aplikasi Pembelajaran Bahasa Sunda Berbasis Android Di SMPN 1 Cileunyi

AZIS AGUNG RESTULOH

Informasi Dasar

17.06.357
005.2
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

Bahasa Sunda adalah bahasa daerah suku sunda yang dipelajari di sekolah yang ada di Jawa Barat, salah satunya di SMPN 1 Cileunyi. Bahasa Sunda diajarkan mulai dari kelas 7 sampai kelas 9 yang dilakukan oleh guru pelajaran Bahasa Sunda. Saat ini pembelajaran Bahasa Sunda masih manual sehingga membuat ketertarikan siswa/i untuk mempelajari materi menjadi berkurang. Selain itu, dalam proses pembelajaran di SMPN 1 Cileunyi para siswa kurang mengetahui pengertian terkait materi Bahasa Sunda tersebut yang dikarenakan keterbatasan guru menerangkan kepada banyak siswa di dalam kelas sehingga menyebabkan hanya sebagian siswa yang menguasai materi Bahasa Sunda.

Solusi yang diberikan adalah membuat aplikasi pembelajaran Bahasa Sunda berbasis android yang dapat membantu menampilkan materi pembelajaran Bahasa Sunda dan menarik minat siswa dalam belajar Bahasa Sunda. Materi pembelajaran Bahasa Sunda yang ada aplikasi ini diantaranya adalah Paguneman (Percakapan), Kaulinan Barudak (Permainan Anak-anak) dan Wawaran (Pengumuman).

Pengujian dalam aplikasi ini menggunakan UAT dan blackbox. Dari hasil pengujian User Acceptence Testing yang telah dilakukan kepada siswa, aplikasi ini bisa lebih membantu dalam belajar, siswa tidak mengalami kesulitan dalam menggunakan aplikasi dan sudah dapat menampilkan materi Paguneman (Percakapan), Kaulinan Barudak (Permainan Anak-anak) dan Wawaran (Pengumuman) sesuai dengan buku yang digunakan di SMPN 1 Cileunyi.

Kata Kunci : Aplikasi Pembelajaran, Bahasa Sunda, Android.

Subjek

ANDROID
 

Katalog

Aplikasi Pembelajaran Bahasa Sunda Berbasis Android Di SMPN 1 Cileunyi
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

AZIS AGUNG RESTULOH
Perorangan
Sari Dewi Budiwati, Toufan Diansyah Tambunan
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2017

Koleksi

Kompetensi

  • MI1392 - DESAIN ANTAR MUKA PENGGUNA
  • MI2294 - PEMROGRAMAN VISUAL
  • MI2452 - STANDAR APLIKASI PERANGKAT BERGERAK
  • DIH1A4 - IMPLEMENTASI DESAIN ANTARMUKA PENGGUNA
  • VSI2A4 - IMPLEMENTASI DESAIN ANTARMUKA PENGGUNA

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini