assessment penerapan IT Governance menggunakan framework COBIT 5 untuk meningkatkan kinerja TI di STISI Telkom

Yundika Nofrisandi

Informasi Dasar

116090105
005
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

STISI Telkom (Sekolah Tinggi Seni Rupa dan Desain Indonesia Telkom) merupakan salah satu perguruan tinggi pelopor khusus di bidang seni rupa dan desain. STISI Telkom mengarahkan lulusannya untuk dapat menjadi tenaga ahli di bidang seni rupa dan desain yang terampil, memiliki wawasan luas, serta memaksimalkan potensi berwirausaha. STISI Telkom telah berupaya menerapkan TI (Teknologi Informasi) untuk mencapai enterprise goal-nya. Penerapan TI di STISI Telkom dinilai belum efektif karena melalui pengujian di lapangan terhadap kepuasan layanan TI, terlihat masih ada kekurangpuasan user sehingga perlu perbaikan penerapan tata kelola TI. Untuk itu penelitian tugas akhir ini diharapkan berkontribusi untuk meningkatkan kinerja TI di STISI Telkom sebagai bahan evaluasi pembenahan ke depan.
Assessment penelitian ini mengacu pada kerangka Control Objective for Information and Related Technology (COBIT) versi 5. Pada COBIT terdapat Process Assessment Model (PAM) yang berfungsi untuk menentukan tingkat efektifitas dan efisiensi dari sekumpulan proses, dengan cara mengevaluasi tingkat kematangan kapabilitasnya. Berdasarkan hasil mapping Renstra STISI Telkom ke dalam Enterprise Goals COBIT Versi 5 diperoleh 11 proses prioritas untuk dinilai yaitu APO01, APO02, APO03, APO04, APO07, APO08, APO09, BAI03, BAI05 dan BAI07.
Hasil penilaian implementasi TI tersebut menunjukkan capability level proses TI yaitu tiga proses TI berada pada level 0 (Incomplete) dan delapan proses TI berada pada level 1 (Performed). Secara umum tingkat kematangan kapabilitas TI STISI Telkom berada pada level 1 dengan tingkat pencapaian L (Largely achieved) dengan skala 56% dengan gap sebesar 44%. Rekomendasi perbaikan disusun untuk mencapai capability level yang diharapkan yaitu level 4.
Penilaian, Tata Kelola TI, COBIT

Subjek

COMPUTER PROGRAMS
 

Katalog

assessment penerapan IT Governance menggunakan framework COBIT 5 untuk meningkatkan kinerja TI di STISI Telkom
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Yundika Nofrisandi
Perorangan
Lukman Abdurrahman, Ir., MIS., QIA., CRMA; Nia Ambarsari, ST., MT
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2013

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini