Evaluasi terhadap Investasi Sistem dan Teknologi Informasi untuk Implementasi SAP dengan Menggunakan Metode New Information Economics (NIE) (Studi Kasus: PT Industri Telekomunikasi Indonesia)

Elsa Dwiyunita Pangande

Informasi Dasar

113090265
330
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Perkembangan teknologi saat ini membawa kemudahan bagi perusahaan karena perusahaan tersebut bisa menerapkan suatu Teknologi Informasi (TI) untuk mendukung kegiatan bisnisnya. Akan tetapi, mengingat biaya yang dikeluarkan untuk menerapkan SI/TI cukup besar, maka perusahaan perlu meninjau ulang apakah SI/TI yang akan diterapkan itu membawa manfaat dan dampak untuk kemajuan perusahaan dan sesuai dengan tujuan perusahaan itu.

Sebagai solusi dari masalah diatas, akan dilakukan evaluasi terhadap SI/TI menggunakan metode New Information Economics untuk mengetahui sejauh mana dukungan yang diberikan SI/TI serta keselarasannya dengan arahan strategi perusahaan. Studi kasus pada penelitian ini yaitu PT INTI dimana perusahaan ini baru saja mengimplementasikan SAP selama dua tahun, oleh sebab itu perlu dilakukan evaluasi untuk mengetahui apakah realisasi SAP saat ini sudah sesuai dengan rencana implementasi SAP. Evaluasi akan dilakukan dengan menggunakan tiga praktek NIE yaitu, prioritization, alignment, dan performance measurement. Selain itu, akan dilakukan juga penilaian terhadap kepuasan user terhadap SAP.

Hasil dari penelitian ini selain memberikan penilaian terhadap implementasi SAP juga akan memberikan gambaran kepada perusahaan mengenai strategi investasi TI mana yang lebih penting untuk dikembangkan dan investasi mana yang sebaiknya diabaikan. Penelitian ini juga menghasilkan pertimbangan kepada pihak manajemen terkait proyek mana yang harus diprioritaskan terlebih dahulu, serta bagaimana dampak kepuasan pengguna SAP terhadap kinerja individu.

NIE, SAP, Investasi, Strategi Investasi, Arahan Strategi, SI/TI, Kepuasan pengguna.

Subjek

Invesment
 

Katalog

Evaluasi terhadap Investasi Sistem dan Teknologi Informasi untuk Implementasi SAP dengan Menggunakan Metode New Information Economics (NIE) (Studi Kasus: PT Industri Telekomunikasi Indonesia)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Elsa Dwiyunita Pangande
Perorangan
Toto Suharto, Ir., MT; Kemas Rahmat Saleh W, ST. M.Eng
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2014

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini