Opinion Summarization Fitur Produk dalam Bahasa Indonesia dengan Metode Maximum Entropy

Restia Demanti

Informasi Dasar

113090123
001.64
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Semakin berkembangnya e-commerce membuat situs review online banyak berkembang di seluruh dunia. Tak terkecuali di Indonesia situs review online sangat menjamur tapi masih jarang sekali orang memanfaatkan itu padahal mayoritas keputusan seorang pembeli untuk membeli barang salah satunya adalah dengan melihat review dari produk yang ia inginkan. Semakin banyak produk yang dijual semakin banyak pula lah review yang diberikan untuk sebuah produk. Tetapi evaluasi dan pemanfaatan review tersebut masih dipertanyakan apalagi di Indonesia dimana penelitian tentang opini masih cukup jarang.

Tugas akhir ini bertujuan untuk menganalisis sekaligus meringkas opini ataupun review dalam bahasa Indonesia berdasarkan orientasi opininya. Proses yang dilakukan adalah ekstraksi fitur dengan mencari pasangan fitur – opini, setelah itu barulah ada proses identifikasi orientasi opini lalu yang terakhir adalah meringkas opini berdasarka fitur dan produknya. Metode yang dipakai pada percobaan ini adalah maximum entropy karena dinilai cukup baik dalam proses peringkasan data.

Berdasarkan hasil pengujian yang didapat menunjukkan bahwa metode maximum entropy dapat digunakan untuk proses peringkasan review produk dalam bahasa Indonesia dan menghasilkan performa yang lebih baik dibanding tanpa meggunakan maximum entropy. Opinion Mining, Opinion Summarization, Maximum Entropy, bahasa Indonesia, Fitur

Subjek

ECOMMERCE
 

Katalog

Opinion Summarization Fitur Produk dalam Bahasa Indonesia dengan Metode Maximum Entropy
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Restia Demanti
Perorangan
Warih Maharani, ST., MT.; Alfian Akbar Gozali, ST.
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2013

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini